visitaaponce.com

Lakukan Stabilisasi Harga Pangan, Stok Beras di Sulsel Aman Hingga Juli

Lakukan Stabilisasi Harga Pangan, Stok Beras di Sulsel Aman Hingga Juli
Warga mendapatkan Beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ukuran 5 kilogram.(Dok. MI/Ramdani)

HARGA beras di pasaran Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) masih sekitar Rp83.500 per kilogram atau belum mengalami penurunan. Karenanya, Perum Bulog masih menyalurkan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dengan harga Rp53.000 per 5 kilogram.

Kendati demikian, Kepala Perum Bulog Wilayah Sulselbar, Ahmad Kholisun memastikan, ketersediaan beras selama Ramadan 2024 cukup untuk konsumsi masyarakat.

"Stok beras saat ini sebanyak 59.000 ton. Ketersediaan beras tersebut memadai dan cukup sampai bulan Juli 2024. Hal itu karena kebutuhan untuk penyaluran bahan pangan yang hanya 8.500 ton ditambah untuk kebutuhan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebanyak 7.000 ton," jelas Kholison.

Baca juga : Pemerintah Diminta Atasi Kelangkaan Beras Subsidi

Dia berharap, dengan SPHP, harga beras bisa kembali normal. "Kita melakukan SPHP secara rutin setiap hari di titik-titik pasar. Kemudian rumah pangan kita dan titik-titik nanti apabila memang wilayah yang memerlukan untuk kita melakukan SPHP di wilayah tersebut kita lakukan," lanjut Kholison.

Dia pun meyakinkan, jika stok beras di Sulsel dan sekitarnya, sangat cukup untuk hingga Juli 2024, terlebih April sudah mulai ada panen. "Yang jelas stok kami ada, berapa pun kebutuhan beras di wilayah Sulsel kami siap," tegasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menambahkan, jika kebutuhan pokok di Sulsel pasokannya masih aman, termasuk harga yang relatif naik. "Tapi itu masih tetap stabil, semua kebutuhan masyarakat tercukupi," pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat