visitaaponce.com

Harimau Sumatra yang Serang Warga Langkat Ditangkap Petugas Gabungan

Harimau Sumatra yang Serang Warga Langkat Ditangkap Petugas Gabungan
Harimau yang ditangkap petugas.(Dokpri)

HARIMAU sumatra yang menyerang dua warga di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, berhasil ditangkap oleh tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK).

Penangkapan dilakukan setelah dua hari pencarian. Tim gabungan dari BKSDA dan petugas TNGL serta KLHK dibantu pemerintah setempat dan warga menyusuri jejak harimau dan memasang perangkap besi dengan umpan seekor kambing.

Video pemasangan kandang besi dan umpan kambing dibagikan oleh Roben Simelias melalui akunnya di Facebook. Harimau sumatra tersebut ditangkap Sabtu (16/3/2024) sore sekitar pukul 17.30 WIB di kawasan Dusun V Damar Hitam, Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, dengan cara ditembak bius.

Baca juga : Seekor Harimau Sumatra Dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser

Harimau yang tertangkap berjenis kelamin betina dan memiliki tanda kalung atau gesper GPS di leher. Diduga kuat harimau tersebut ialah harimau yang dilepasliarkan oleh KLHK pada 6 Maret 2024.

Selanjutnya harimau yang ditangkap untuk sementara dibawa ke Balai Besar BKSDA Medan. Sebelumnya pada Senin (11/3/2024), seorang warga atas nama Jeremia Peranda Ginting diserang harimau sumatra saat memanen cabai di areal perladangan mereka dan mengalami luka di bagian kepala dan leher serta harus menjalani 82 jahitan.

Selang beberapa hari, harimau sumatra kembali menyerang warga atas nama Muhammad Ikhwan Sembiring. Saat itu ia memanen buah sawit dan mengalami luka robek di kedua kakinya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat