visitaaponce.com

Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah di Luwu Utara Kebanjiran

Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Rumah di Luwu Utara Kebanjiran
Banjir di Luwu Utara.(Metro TV/Nurhalim Ali)

RATUSAN rumah di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terendam banjir, Jumat (29/3/2024). Banjir tersebut terjadi akibat tanggul sungai Rongkong jebol sehingga meluap ke permukiman padat penduduk.

Itu terjadi di Desa Lembang-Lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, Kabupaten Luwu Utara. Ketinggian air yang mencapai satu meter lebih membuat puluhan keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir akibat luapan sungai Rongkong itu merendam sedikitnya 150 rumah di desa tersebut. Selain merendam permukiman padat penduduk, banjir memutuskan akses jalan antardesa sehingga menyebabkan ratusan warga terisolasi.

Menurut Kepala Desa Lembang-Lembang, Arwis Ansar, bahwa banjir terjadi sejak Kamis (28/3) sore dan merendam sedikitnya 150 rumah warga di desanya. "Puluhan keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman, karena ketinggian air mencapai 1 meter lebih," ujar Arwis.

Selain merendam permukiman warga serta memutuskan akses jalan, banjir ini juga merendam ratusan hektare area perkebunan milik warga setempat. Akibatnya, perkebunan itu terancam gagal panen. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat