visitaaponce.com

Pemerintah Sulteng Siapkan Kapal Sabuk Nusantara untuk Mudik Gratis Lebaran 2024

Pemerintah Sulteng Siapkan Kapal Sabuk Nusantara untuk Mudik Gratis Lebaran 2024
Sejumlah penumpang menaiki kapal Sabuk Nusantara 89 di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).(Dok. Antara)

PEMERINTAH Sulawesi Tengah (Sulteng), memfasilitasi masyarakat di provinsi itu untuk mudik gratis menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah atau Lebaran 2024 menggunakan jalur laut menggunakan kapal motor perintis atau KMP Sabuk Nusantara 89.

Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir mengatakan, pada mudik tersebut kapal laut yang disediakan pemerintah akan melayani masyarakat dengan tujuan Ogoamas, Malala, Tolitoli, dan Buol.

“Jadi tidak hanya pergi yang ditanggung pemerintah, pulang juga ditanggung pemerintah,” terangnya di Palu, Selasa (2/4).

Baca juga : TNI-AL Siapkan KRI 593 Banda Aceh untuk Mudik Gratis

Menurut Ma’mun, mudik sudah menjadi tradisi masyarakat saat menjelang merayakan hari besar keagamaan. Mudik gratis pemerintah Sulteng, adalah program rutin tahunan yang diselenggarakan untuk membantu masyarakat bisa dengan murah berkumpul bersama keluarga di saat idul fitri.

“Mudik gratis itu juga sebagai upaya menguatkan hubungan antarpemerintah dengan masyarakat,” ungkapnya.

Ma’mun menjelaskan, mudik gratis melalui jalur laut tahun ini pemerintah menyediakan 1.000 kuota memakai armada kapal perintis Sabuk Nusantara 89. Dengan rute, berangkat dari Palu tujuan Ogoamas, Malala, Tolitoli, dan Buol.

Baca juga : Harga Tiket Pesawat Naik, Mudik Gratis Harusnya Juga Ada Saat Lebaran dan Natal

“Mudik dan baliknya sama melalui rute tersebut,” tegasnya.

Ma’mun berharap, masyarakat yang menjalani mudik gratis bisa sampai dengan selamat di kampung halaman tanpa kekurangan satu apa pun.

“Dan semoga nahkoda kapal maupun seluruh awaknya selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Terpenting menaati aturan keselamatan pelayaran,” tandasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat