visitaaponce.com

Belasan Ribu Pemudik dan Wisatawan Diprediksi Menyeberang ke Karimunjawa saat Libur Lebaran

Belasan Ribu Pemudik dan Wisatawan Diprediksi Menyeberang ke Karimunjawa saat Libur Lebaran
Kapal di Pelabuhan Penyebrangan Kapal Kartini Jepara yang akan menyeberang ke Karimunjawa.(Dok. MI)

BELASAN ribu warga dan wisatawan diperkirakan akan berkunjung ke Kecamatan Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah saat libur lebaran. Mengantisipasi hal itu, jumlah angkutan kapal penyeberangan ditingkatkan selama arus mudik dan balik.

Pemantauan Media Indonesia Sabtu (6/4), Pelabuhan Kartini Jepara sudah lebih ramai dibandingkan biasanya. Meskipun tidak sampai berdesakan, ribuan warga telah antre untuk membeli dan memesan tiket penyeberangan menuju Kecamatan Kepulauan Karimunjawa untuk merayakan liburan lebaran di kepulauan tersebut.

Selama musim mudik lebaran ini, ribuan warga dan wisatawan mulai berdatangan di Kecamatan Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Untuk memenuhi kebutuhan, angkutan penyeberangan ditambah dari sebelumnya satu trip menjadi dua trip per hari dengan tiga kapal yang beroperasi, yakni Sigijai dengan kapasitas 202 penumpang, kapal 1C Express Bahari berkapasitas 349 penumpang, dan kapal 8f Express Bahari berkapasitas 390 penumpang.

Baca juga : Potensi Perputaran Uang selama Libur Idul Fitri 1445 H Capai Rp157 Triliun

"Jumlah pengunjung ke Karimunjawa meningkat, sudah banyak warga dan wisatawan antre memesan tiket kapal untuk berlayar selama liburan lebaran," ujar Kepala Cabang Express Bahari Jepara Jefri Putra Rukmana.

Tidak hanya warga Karimunjawa yang mudik lebaran, ujar Sumiyati,34, warga kecamatan kepulauan tersebut, tetapi juga wisatawan yang memanfaatkan momentum liburan lebaran untuk berkunjung. Sehingga memasuki H-4 lebaran jumlah penumpang kapal penyeberangan melonjak hingga 100 persen dibandingkan biasanya.

Penyeberangan menuju ke Karimunjawa, Kabupaten Jepara tidak hanya dari Pelabuhan Kartini Jepara, tetapi juga ada satu kapal diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Baca juga : Libur Idul Adha, Arus Penumpang Terminal Kalideres Melonjak

"Kita tingkatkan jumlah penyeberangan dari sebelumnya satu trip menjadi dua trip per hari untuk dapat memenuhi kebutuhan selama arus mudik lebaran ini," ungkap Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara Nur Sahid.

Diperkirakan ada 16.500 warga dan wisatawan yang akan melakukan kunjungan ke Karimunjawa di momen libur lebaran tahun ini. Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemudik dan wisatawan, Nur Sahid mengatakan juga terus memantau kondisi cuaca terkini.

"Kita terus pantau dan update informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai pertimbangan perjalanannya ke Karimunjawa, namun sejauh ini masih cukup aman karena gelombang laut dibawah satu meter," ujar Nur Sahid.

Mengantisipasi keamanan dan memenuhi pelayanan arus mudik dan balik ke Karimunjawa, saat ini juga telah mulai beroperasi pos pengamanan di Pelabuhan Kartini dengan melibatkan petugas gabungan dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Jepara, dan lainnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat