visitaaponce.com

Ketua Umum PGI Kunjungi dan Doakan Keluarga Korban Longsor di Tana Toraja

Ketua Umum PGI Kunjungi dan Doakan Keluarga Korban Longsor di Tana Toraja
KETUM PGI (ketiga dari kanan).(DOK PGI)

SEBANYAK 15 korban longsor ditemukan dalam keadaan meninggal, dan 2 korban lain dalam perawatan akibat bencana tanah longsor terjadi di Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, pada Sabtu (13/4/2024). Bencana longsor terjadi sekitar pukul 22.30 Wita. Longsoran menerjang pemukiman warga. Akibatnya tiga rumah tertimbun material longsor.

Pada sore, sebelum kembali ke Makassar dan selanjutnya menuju Jakarta, Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, menyempatkan diri mengunjungi RSUD Lakipadada untuk bertemu keluarga korban, serta mendoakan mereka. Pada kesempatan itu, Ketum PGI didampingi Ketum PGIW Sulselbara Pdt. Adri Masie, dan rombongan.

Saat kunjungan, Ketum PGI sempat bertemu dengan Ketua BPBD Amson Padolo, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, sejumlah keluarga korban yang sedang menunggu seluruh proses. Selain itu, tampak pula anggota DPRD Propinsi Sulawesi Selatan Jhon Rende Mangontan bersama relawannya datang membantu bersama masyarakat mencari korban dan membawah bantuan bagi korban dan masyarakat yang terdampak.

Baca juga : Tanah Bergerak di Bulukumba 16 Rumah Warga Terancam Ambruk

Proses pencarian semenjak kejadian hingga saat ini masih terus dilakukan Tim Gabungan dibantu warga. Pencarian korban berlangsung dramatis, sebab kondisi tanah masih labil dan berair sehingga menyulitkan untuk bergerak disamping kondisi tanah yang masih bergerak.

Sementara, korban yang telah ditemukan dievakuasi ke RSUD Lakipadada menggunakan mobil ambulans yang siaga di TKP bersama petugas kesehatan. Peti jenazah semuanya disiapkan Gereja Toraja lewat koordonasi Crisis Center Gereja Toraja. Semua peti jenazah sudah dibawa ke ruang jenazah di mana jenazah divisum, dibersihkan, disuntik serta dipakaikan pakaian sehingga sesudah itu dimasukkan ke dalam peti.

Di lokasi longsor tampak begitu banyak petugas dan masyarakat membantu mencari korban, juga berbagai kelompok masyarakat datang membawah beras, air, telut, mie, dan berbagai kebutuhan lainnya, untuk membantu warga.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat