visitaaponce.com

Peringati Hari Kesehatan Dunia dengan Gelar Bakti Katarak

Peringati Hari Kesehatan Dunia dengan Gelar Bakti Katarak
Tim dokter bedah mata RS Mata JEC Candi @ Semarang sedang melakukan tindakan operasi mata Katarak kepada pasien.(DOK JEC)

RS Mata JEC Candi @Semarang, yang merupakan bagian dari JEC Eye Hospitals and Clinics, baru-baru ini melaksanakan bakti katarak untuk pasien buta katarak dengan status kurang mampu bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Sedunia, dan masih menjadi bagian rangkaian 40 tahun JEC Eye Hospitals and Clinics.

Sejak awal 2024, RS Mata JEC Candi @Semarang memberikan operasi katarak gratis kepada 100 penderita buta katarak di Jawa Tengah, yang pelaksanaannya dilakukan pada April 2024 dan akhir tahun nanti.

Ketua pelaksana acara tersebut, dr Kartika Cindy Fibrian SpM MKM mengatakan bakti sosial dilakukan sebagai salah satu program proaktif rumah sakit dalam upaya penurunan angka buta katarak di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. 

Baca juga : Jaringan RS Columbia Asia Resmikan Dua Rumah Sakit dalam Sepekan

"Berbagai inisiatif telah JEC hadirkan dan jalankan secara berkesinambungan. Sebelumnya, sejak berdiri pada 1984, JEC Group telah melaksanakan Bakti Katarak JEC berupa pemberian operasi katarak gratis dengan jumlah penerima manfaat mencapai lebih dari 3,000 orang," kata Kartika dalam keterangannya, Sabtu (20/4).

"Kegiatan Ini merupakan agenda rutin tahunan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis yang dilakukan di RS Mata JEC Candi @Semarang ini sebagai bentuk komitmen JEC untuk berkontribusi dalam optimalisasi penglihatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Tengah,” ujarnya lagi.

Direktur Utama RS Mata JEC Candi @Semarang, dr Sri Inakawati MSiMed SpM(K) juga menambahkan bahwa, “Masyarakat harus tetap waspada dalam menjaga kesehatan mata. JEC terus berupaya melakukan gebrakan-gebrakan yang berdampak baik untuk masyarakat luas."

Baca juga : Jangkau Masyarakat Semarang, Vena Wasir Center Kini Hadir di RS Telogorejo

"Tidak hanya dengan menghadirkan bakti sosial ini, namun JEC terus berupaya menawarkan fasilitas kesehatan mata yang paling lengkap dan terdepan di seluruh cabang rumah sakit dan kliniknya. Kini masyarakat Jawa Tengah bisa datang ke RS Mata JEC Candi @Semarang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mata dengan fasilitas dan kualitas yang mumpuni,” sambungnya.

Katarak merupakan perubahan lensa mata yang sebelumnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena dengan lensa yang keruh cahaya sulit mencapai retina (pusat saraf penglihatan) dan akan menghasilkan bayangan yang kabur pada retina.

Faktanya, penderita katarak di Indonesia sendiri menempati peringkat tertinggi di Asia Tenggara, serta ketiga tertinggi di dunia. Sebuah data survei bahkan mencatat bahwa setidaknya angka kebutaan di Indonesia mencapai 1,5 persen dari jumlah penduduknya.

Baca juga : Tingkatkan Kesehatan Ibu & Anak, RS Premier Jatinegara Gelar Seminar dan Bazaar

Adapun acara bakti sosial ini turut dihadiri oleh pengurus Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), dr Afrisal Hari Kurniawan SpM (K)  dan menyambut baik langkah RS Mata JEC Candi @Semarang menekan angka penderita katarak di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

Dr dr Johan A Hutauruk SpM (K), Presiden Direktur, JEC Eye Hospitals and Clinics menyampaikan, "JEC terus berupaya untuk turut serta dalam pemberantasan buta katarak di Indonesia yang angka penderitanya sangat tinggi. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum berani atau belum mampu untuk melakukan operasi katarak."

"Untuk mengatasi itu, upaya pengentasan kebutaan akibat katarak perlu melibatkan partisipasi oleh sebanyak mungkin pihak.  Karenanya, atas nama RS Mata JEC Candi @Semarang dan JEC Eye Hospitals and Clinics,  kami mendorong masyarakat Indonesia untuk secara rutin memeriksakan kesehatan matanya agar terhindar dari bahaya kebutaan,” kata Johan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat