visitaaponce.com

Mensos Tri Rismaharini Janji Pasang Alarm Siaga Bencana di Gunung Semeru

Mensos Tri Rismaharini Janji Pasang Alarm Siaga Bencana di Gunung Semeru
Banjir lahar dingin di Lumajang, Jawa Timur.(Antara)

Menteri Sosial Tri Rismaharini berjanji akan menyiapkan alarm bahaya atau sistem peringatan dini bencana alam bagi kawasan di sekitar Gunung Semeru, Jawa Timur.

Kementerian Sosial akan memandu Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menyiapkannya. Pihaknya sejauh ini telah berkoordinasi dengan dinas sosial, pemkab, serta Taruna Siaga Bencana untuk melakukan pemetaan terhadap kawasan di sekitar Gunung Semeru yang mempunyai banyak potensi bencana, seperti erupsi, banjir bandang lahar dingin, ataupun longsor.

"Memang ada daerah yang potensi bencananya banyak, bisa tiga sampai empat potensi bencana. Nah ini ternyata di Lumajang tidak hanya erupsi Gunung Semeru, tapi bisa juga banjir lahar dingin dan longsor yang tanpa ada erupsi, tapi karena ada sedimentasi sehingga material itu bisa terbawa banjir akibat curah hujan tinggi. Jadi antisipasi maupun persiapannya memang harus lebih detail," ujar Risma.

Baca juga : Pakar Gunung Api Pertanyakan Sistem Peringatan Dini Saat Erupsi Semeru

Ia juga menyampaikan pihaknya telah terjun langsung untuk menangani banjir lahar dingin Semeru di Kabupaten Lumajang dan banjir luapan sungai di Kota Lumajang dengan membuka dapur umum pusat pengendalian operasi Tagana Kabupaten Lumajang.

Dapur umum tersebut beroperasi sejak 19 April 2024 dan telah menyiapkan ribuan makanan berupa nasi bungkus yang layak konsumsi dan standar gizi bagi para pengungsi.

Banjir yang menerjang puluhan desa serta memporak porandakan infrastruktur seperti jembatan, jalan ataupun beberapa fasilitas umum tersebut menelan korban jiwa sebanyak tiga orang. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat