visitaaponce.com

Gerakan Pompanisasi di Blitar Dukung Produktivitas Pertanian

 Gerakan Pompanisasi di Blitar Dukung Produktivitas Pertanian
Pompanisasi di Blitar(Dok. Kementerian Pertanian)

GERAKAN penanaman melalui pompanisasi dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, bersama Kelompok Tani Alam Sejahtera di Desa Sutojayan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kegiatan ini, dilakukan pada Kamis (25/4), melibatkan lahan seluas 265 hektar.

Selain melakukan penanaman, bantuan berupa 3 unit pompa air 6 inch juga disalurkan. Sesuai dengan arahan Mentan, Direktorat Jenderal Perkebunan aktif mendukung program Optimalisasi Lahan Rawa, Pompanisasi Lahan Tadah Hujan, dan Tumpang Sisip Padi Gogo Tahun Anggaran 2024.

"Kami hadir untuk membantu petani dan masyarakat. Tanpa fasilitasi yang memadai, produksi pertanian sulit dilakukan. Oleh karena itu, kami memberikan dukungan," kata Andi Nur dalam keterangannya, Kamis (25/4)

Baca juga : Kementan Dorong Pompanisasi di Pemalang untuk Tingkatkan Produksi Padi

Ia juga menyoroti pentingnya pompanisasi air untuk pertanian, mengingat ada beberapa lahan yang tidak mendapat pasokan air yang cukup akibat kurangnya irigasi dan curah hujan yang terbatas. Andi Nur menegaskan bahwa pada tahun ini, Kementan berencana mendistribusikan 71.000 pompa, dimulai dengan 21.000 unit di seluruh Indonesia.

Ketua Kelompok Tani, Sardi, menyambut baik bantuan tersebut dan mengucapkan terima kasih atas kontribusi Kementan. Ia menyebut bahwa bantuan pompa air telah membantu mereka meningkatkan produktivitas pertanian.

Andi Nur juga mengajak petani untuk merawat bantuan tersebut dengan baik. Ia juga menekankan pentingnya kerjasama antara Kementan, Dinas, dan petani dalam mendukung berbagai aspek pertanian, mulai dari pembuatan rekening hingga penanganan padi. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat