visitaaponce.com

Warga Radius 7 KM di Sekitar Gunung Api Ruang Dievakuasi

Warga Radius 7 KM di Sekitar Gunung Api Ruang Dievakuasi
Erupsi Gung Ruang Sulawesi Utara(Antara)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan dengan kenaikan status level gunung Ruang maka radius masyarakat untuk dievakuasi sekitar 7 kilometer. Karena berdasarkan evaluasi, lontaran batu pijar akibat erupsi Gung Ruang sampai ke titik posko pengungsian Desa Apengsala di utara Pulau Tagulandang.

"Padahal sebelumnya pada erupsi 2 pekan lalu titik posko pengungsian tersebut tidak terdampka lontaran batu pijar sehingga BNPB memperluas radius dari puncak gungung yang harus dikosongkan jadi 7 kilometer," kata Abdul dalam konferensi pers secara daring, Selasa (30/4).

Diketahui pada pukul 01.30 WIB status gunung api Ruang meningkat menjadi level 4. Artinya kawasan sekitar 7 kilometer harus dievakuasi.

Baca juga : 128 Anggota Kepolisian Diterjunkan ke Daerah Terdampak Erupsi Gunung Ruang

BNPB sudah memperkirakan penduduk yang dilakukan evakuasi sekitar 11-12 ribu jiwa. Bersamaan level gunung api ruang sudah dilakukan evaluasi dengan rapat yang dipimpin oleh Kalaksa BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan dihadiri oleh Tim BNPB, BPBD Provinsi Sulawesi Utara, BPBD Kabupaten Minahasa Utara, Perwakilan TNI AL dan TNI AD, Baznaz.

"Mengingat adanya kenaikan status aktivitas Gunung Ruang dari Siaga Level III menjadi Awas Level IV, maka Status Tanggap Darurat Erupsi Gunung Ruang selama 14 hari TMT 30 April 2024 sampai 13 Mei 2024. Untuk masyarakat yang berasal dari Pulau Tagulandang akan di evakuasi ke Pulau Siau sekitar kurang lebih 12.000 jiwa," ujar dia.

Sedangkan Masyarakat yang berasal dari Pulau Ruang kurang lebih sebanyak 500-600 jiwa rencananya akan dievakuasi menuju Kota Manado. Untuk kapal dari Basarnas saat ini sudah diberangkatkan berangkat ke Tagulandang dan saat ini berada di sekitar Pulau Serai Likupang Minut. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat