visitaaponce.com

Kakek 94 Tahun dari Bandung Barat Berangkat Haji Usai Kumpulkan Ongkos dari Bertani

Kakek 94 Tahun dari Bandung Barat Berangkat Haji Usai Kumpulkan Ongkos dari Bertani
Iman Rakiman, calhaj tertua di Bandung Barat yang akan berangkat tahun ini dengan usia 94 tahun didampingi istrinya.(MI/Depi Gunawan)

SETELAH menunggu lama, Iman Rakiman akhirnya bisa melaksanakan ibadah haji. Berdasarkan data Kemenag, kakek berusia 94 tahun itu merupakan calon jamaah haji/calhaj tertua asal Kabupaten Bandung Barat yang akan berhaji pada tahun ini.

Ditemui di rumahnya, Kampung Nihmat, RT 02/06, Desa Cigugur Girang, Kecamatan Parongpong, Iman masih terlihat bugar dan cukup sehat dari fisiknya meski usianya hampir satu abad. Ia akan berangkat haji didampingi istrinya, Ai Carsih yang berusia 73 tahun.

"Alhamdulillah, tahun ini diberikan kesempatan berangkat ibadah haji bareng istri," ucap Iman, Selasa (7/5).

Baca juga : Kapasitas Safari Wukuf Haji Diperkirakan Lebih dari 200 Jemaah

Iman sehari-hari bekerja sebagai petani, dari hasil jerih payahnya dikumpulkan untuk mendaftar haji pada 2014 lalu. Sebetulnya, kakek kelahiran tahun 1929 itu bisa berangkat haji tahun lalu tapi urung karena ia ingin berangkat ke Tanah Suci bersama istri tercintanya.

"Harusnya berangkat tahun lalu tapi enggak diizinkan sama anak-anak karena tidak bareng ibu. Alhamdulillah tahun ini diberi kesempatan bisa berangkat sama-sama," kata Iman yang memiliki 4 orang anak itu.

Agar tetap fit selama menjalani ibadah haji, ia mengaku, rutin menjaga kesehatan dengan berolahraga ringan serta mengatur pola makan.

"Persiapannya olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit, lalu obat-obatan juga akan dibawa. Tapi sudah sebulan berhenti dulu ke kebun," ujarnya.

Diketahui, Iman Rakiman dan Ai Carsih merupakan calon jemaah haji gelombang kedua kloter 46 yang akan diberangkatkan pada 31 Mei 2024 dari Pusdikkav Padalarang menuju Asrama Haji di Bekasi sebelum diterbangkan ke Mekkah. (DG/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat