visitaaponce.com

KLB Diare di Pesisir Selatan, 5 Orang Meninggal, 45 Orang Dirawat

KLB Diare di Pesisir Selatan, 5 Orang Meninggal, 45 Orang Dirawat
Perawat memperbaiki selang infus seorang balita yang dirawat akibat diare di Pesisir Selatan.(Dok. Antara)

SITUASI Kejadian Luar Biasa (KLB) diare di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) masih belum mereda. Saat ini tercatat 45 orang mengalami diare akut dan lima diantaranya meninggal dunia.

Pasien KLB diare tersebut saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Muhammad Zein Painan.

"Ya, terkait KLB Diare di Surantih, Kecamatan Sutera, RSUD Dr. Muhammad Zein Painan kini merawat pasien diare sebanyak 45 orang. Terdiri dari pasien anak 43 orang dan pasien dewasa 2 orang," ungkap Direktur RSUD Dr. Muhammad Zein Painan, dr. Muhammad Fahriza, Kamis, 9 Mei 2024.

Baca juga : 419 Ton Beras Disalurkan untuk Korban Banjir Pesisir Selatan Sumbar

Dikatakan, pihaknya berupaya melakukan pelayanan maksimal terhadap masyarakat yang terjangkit diare. Pemkab Pesisir Selatan memang menyiagakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Muhammad Zein Painan sebagai rujukan pasien yang menderita diare.

"Untuk menampung pasien penderita diare, pihak rumah sakit kini juga sudah menyediakan tempat tidur tambahan dengan memberikan pelayanan maksimal," ujar Muhammad Fahriza.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Intan Novia Fatma Nanda mengatakan, hingga kini sudah 202 kasus diare yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan. Sebanyak 5 orang meninggal dunia.

Baca juga : Banjir Kembali Landa Pesisir Selatan Sumbar

Saat ini Faskes dioptimalkan, termasuk pemakaian lorong-lorong, akan tetapi pemakaian tenda tidak memungkinkan karena panas. Pasien diare juga telah tersebar di Kecamatan Sutera, IV Jurai dan Bayang.

"Intervensi terhadap perilaku pasien yang dirawat mandiri dan minta petugas agar pasien wajib dibawa ke Faskes. Sedangkan sumber air bersih berasal dari sungai, depot, sumur gali, pincuran, dan air hujan," jelasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat