visitaaponce.com

Banjir Tinggi Semeter Rendam Kuala Kuayan Kotawaringin Timur

Banjir Tinggi Semeter Rendam Kuala Kuayan Kotawaringin Timur
Ilustrasi.(Dok MI)

HUJAN deras di wilayah hulu berdampak pada terendamnya sejumlah desa di wilayah Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Ini merupakan banjir kiriman dengan ketinggian air mulai 25 hingga 115 sentimeter dan merendam Kelurahan Kuala Kuayan, Kamis (9/5).

Tiga hari sudah banjir setinggi lebih dari satu meter merendam Kelurahan Kuala Kuayan, Kecamatan Mentaya Hulu, Kotawaringin Timur, sejak Selasa (7/5) dan Rabu (8/5). Untuk menuju ke kelurahan ini, memerlukan waktu 4,5 jam dari ibu kota Kabupatan Kotawaringin Timur. 

Baca juga: Banjir Putuskan Jalur Tans-Sulawesi, Ratusan Kendaraan Bermalam di Jalan

Warga kelurahan ini sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah setempat. Banjir akibat air kiriman dari wilayah hulu ini merendam sedikitnya 750 rumah berdampak pada 919 keluarga dengan 3.585 jiwa.

Banjir tidak hanya merendam Kelurahan Kuala Kuayan, tetapi juga merendam sembilan desa lain. Desa itu antara lain Bawan, Tanjung Jariangau, Baampah, Pahirangan, Tanjung Bantur, dan Tangar. Ketinggian air bervariasi antara 30 sentimeter hingga 70 sentimeter.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Bulukumba, Jembatan Putus

Data dari BPBD Kotawaringin Timur per Kamis (9/5) wilayah desa yang terdampak banjir selain di Kecamatan Mentaya Hulu, terdapat satu desa di Kecamatan Bukit Santui, yaitu Penyahuan. Ada lagi satu desa berada di Kecamatan Parenggean, yaitu Bajarau. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat