visitaaponce.com

Long Weekend, Berbagai Objek Wisata di Jawa Tengah Dibanjiri Pengunjung

Long Weekend, Berbagai Objek Wisata di Jawa Tengah Dibanjiri Pengunjung
Hingga tengah malam destinasi wisata Kota Lama Semarang masih banyak didatangi pengunjung.(MI/Safuan)

LIBURAN panjang akhir pekan (long weekend) menjadi kesempatan daerah di Jawa Tengah meraup kunjungan wisatawan. Diperkirakan ratusan ribu  pelancong memanfaatkan libur nasional dan akhir pekan ini untuk mendatangi berbagai tempat wisata.

Pemantauan Media Indonesia, Jumat (10/5), berbagai destinasi wisata di Jawa Tengah dikunjungi jutaan wisatawan sejak Kamis (9/5).

Di Kota Semarang destinasi wisata Kota Lama masih menjadi tempat favorit bagi pelancong. Sejak pagi hingga malam ribuan pengunjung memanfaatkan momentum libur nasional dan akhir pekan untuk mendatangi kota tua itu, karena tidak harus membayar tiket juga banyak spot foto yang menarik sekaligus edukasi sejarah.

Baca juga : Dua Tewas akibat Bus Tabrak Truk di Tol Semarang-Batang

Tidak hanya itu, destinasi wisata di berbagai daerah di Jawa Tengah seperti Kabupaten Semarang, Batang, Pekalongan, Demak hingga Rembang juga menjadi sasaran pelancong untuk memanfaatkan liburani, bahkan pemerintah daerah memanfaatkan momentum ini untuk pasang target menarik wisatawan datang.

"Manfaatkan liburan panjang akhir pekan untuk pulang kampung, saya bersama keluarga kunjungan sejumlah obyek wisata dari mulai Semarang hingga Solo," ujar Maya, 28, seorang aparatur sipil negara di sebuah kementerian di Jakarta saat ditemui di sebuah destinasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Hal serupa diungkapkan Satria,17, seorang pelajar di Semarang yang mengaku memanfaatkan liburan sembari menunggu pengumuman tes masuk perguruan tinggi untuk bekerja paruh waktu di tempat wisata. 

Baca juga : Pelaksanaan Mudik dan Balik Lebaran 2024 di Jateng Berjalan Lancar 

"Sejak kelas dua SMK, bersama teman sekolah memanfaatkan waktu libur akhir pekan untuk kerja separuh waktu di destinasi wisata terdekat," imbuhnya.

Saat liburan panjang akhir pekan, ungkap Satria, banyak destinasi wisata kekurangan tenaga kerja dari mulai menjual tiket masuk hingga pelayanan. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Wiwin Sulistyowati memperkirakan akan terdapat 150% lonjakan kunjungan wisatawan yang cukup tinggi pada libur panjang akhir pekan ini.

Baca juga : Banjir Menjadi Teror bagi Pemudik di Pantura Jateng

"Pada masa liburan biasanya jumlah pengunjung di berbagai destinasi wisata baik 100 persen, namun masa liburan kali ini jumlah kunjungan wisatawan dapat capai 150%," kata Wiwin.

Diperkirakan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Semarang sekitar 2.000 orang per hari. Namun Pada liburan panjang akhir pekan ini capai 3.000 orang per hari baik itu di objek wisata dikelola pemerintah maupun swasta.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan menghadapi liburan panjang akhir pekan Rabu (8/5) hingga Minggu (12/5) ini, disiapkan 32 perjalanan kereta api dengan sebanyak 86.369 tempat duduk kereta api (rata-rata 17.273 tempat duduk per hari).

"Pada periode ini, Daop 4 Semarang juga mengoperasikan kereta api dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 32 perjalanan kereta api per hari ke berbagai daerah tujuan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Purwokerto, Tegal, Solo, Madiun, Jember hingga Banyuwangi," ungkap Franoto Wibowo. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat