visitaaponce.com

Surabaya Hospital Expo ke-18 Hadirkan Teknologi Kesehatan Terkini Produksi Indonesia, Turki, Hingga Tiongkok

Surabaya Hospital Expo ke-18 Hadirkan Teknologi Kesehatan Terkini Produksi Indonesia, Turki, Hingga Tiongkok
Surabaya Hospital Expo ke-18 akan digelar di Exhibition Hall, Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur, pada 15 hingga 17 Mei 2024.(Dok Surabaya Hospital Expo )

Surabaya Hospital Expo ke-18 akan digelar di Exhibition Hall, Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur, pada 15 hingga 17 Mei 2024. Pameran industri kesehatan ini diselenggarakan bersamaan dengan Seminar dan Workshop Perumahsakitan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Jawa Timur ke-18 yang bertema “Mewujudkan Layanan Unggulan Rumah Sakit Melalui Pengembangan Sumber Daya.”

Untuk kali pertama, penyelenggaraan rangkaian Surabaya Hospital Expo juga kali ini  akan dilengkapi Pameran Layanan Unggulan Rumah Sakit yang menampilkan 20 RS. Pameran ini ditujukan agar masyarakat lebih mengetahui tentang kemampuan rumah sakit (RS) di Jawa Timur. Pameran yang diselenggarakan di Main Atrium, Grand City Convex pada 14-19 Mei itu, diikuti oleh RSUD Dr. Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur, RS National Hospital, RSU PKU Muhammadiyah Mojoagung, RSUD Dr. Soetomo, RS Al Irsyad Surabaya, Siloam Hospitals Surabaya, Klinik Utama Surabaya Skin Centre, RS PHC Surabaya, RSIA Ferina, RS Lavalette Malang, RSUD Husada Prima, RS. Mata Masyarakat Jawa Timur, RSUD Dr. Mohammad Zyn Kabupaten Sampang, RS Citra Medika, RS Ubaya, RS Husada Utama, RSUD Dr.Soedono Provinsi Jawa Timur, RSUD R.T. Notopuro Sidoarjo, RS Muhammadiyah   Lamongan, dan RSUD Dr. Iskak Tulungagung.

Direktur Marketing & Finance PT. Okta Sejahtera Insani Yudha Imam Sutedja, S.Kom, M.M., selaku penyelenggara pameran memaparkan, Surabaya Hospital Expo-ke 18 diikuti lebih dari 100 perusahaan yang menyediakan kebutuhan RS dan      keperluan kesehatan pribadi produksi dalam serta luar negeri, seperti Tiongkok, Jepang, Korea, Italia, Jerman, Malaysia, Turki, Taiwan, Spanyol, serta Perancis. Jumlah booth bertambah 40% dibandingkan tahun lalu.

Baca juga : Kendaraan Terpeleset saat Pulang Kampung, Sekeluarga Masuk Jurang

“Kebutuhan RS yang dipamerkan sangat beragam, mulai dari peralatan untuk mendiagnosa pasien di RS, alat emergency, alat operasi, sampai alat-alat pendukung RS lainnya seperti seragam RS, mesin laundri, sistem informasi, dapur, ambulans, tempat tidur, sampai layanan penyedia koneksi internet. Ada pula alat diagnosa pribadi di antaranya alat cek gula darah, tekanan darah dan termometer,”  ujar Yudha.

Yudha menyatakan, jika tahun lalu dari target 2.500 pengunjung terlampaui hingga realisasinya mencapai 3.000 orang, Surabaya Hospital Expo ke-18 diharapkan akan dikunjungi lebih dari 3.000 orang. Target utama pengunjung adalah para pelaku layanan fasilitas kesehatan, baik itu yang mengikuti rangkaian Seminar dan Workshop PERSI Wilayah Jawa Timur maupun yang datang untuk pameran, serta tentunya masyarakat umum. (X-8)

 

Baca juga : Korban Ledakan Mortir Tiba di Rumah Sakit Bhayangkara

Pengunjung dapat masuk secara gratis dengan registrasi terlebih dahulu atau registrasi langsung di tempat pameran dipandu tim PT. Okta Sejahtera Insani. Selain mengikuti pameran, pengunjung juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis seperti gula darah, lemak tubuh, mata silinder, mata minus/plus, awal katarak, tekanan darah, kolesterol, serta keton darah.

 

“Surabaya Hospital Expo ke-18 mempertemukan penyedia alat-alat kebutuhan RS kepada konsumennya, juga sebagai tempat untuk mendapatkan informasi produksi          teknologi alat-alat kesehatan terkini baik produksi dari dalam dan luar negeri.Sasaran utama kami adalah RS yang berada di Surabaya dan sekitarnya juga untuk menjangkau wilayah Indonesia Timur,” ujar Yudha.

Baca juga : National Hospital Surabaya dan GE HealthCare Luncurkan MRI 3T Berbasis AI 

 

Yudha menyatakan optimismenya agar Surabaya Hospital Expo menjadi pusat pameran alat-alat kesehatan dan kebutuhan RS di wilayah Indonesia bagian timur. “Besar harapan kami pameran ini mendukung tumbuh kembangnya industri alat kesehatan yang selama ini memenuhi kebutuhan alat kesehatan RS. Semoga dengan rangkaian kegiatan ini juga bisa mendukung RS-RS di Jawa Timur

 

Baca juga : RS Premier Jatinegara dan RS Premier Surabaya Raih Akreditasi Internasional JCI

mengembangkan sumber dayanya demi mewujudkan layanan unggulan,” kata Yudha.

 

Lebih lanjut, Yudha optimistis Surabaya Hospital Expo dapat menjadi ajang pertukaran informasi tentang pelayanan kesehatan, baik bagi Masyarakat, RS, serta vendor alat kesehatan. “Kami juga berharap pemilik RS dapat memanfaatkan pameran ini untuk melakukan update kemajuan teknologi Kesehatan.”

 

Selain itu, lanjut Yudha, Surabaya Hospital Expo juga mendukung masyarakat Jawa Timur agar lebih peduli mengenai kesehatan diri dan keluarga. “Sebab banyak penyakit yang bisa dikurangi dampaknya atau bahkan dihindari apabila dideteksi sejak dini.”

 

Dukung RS Kembangkan Layanan Unggulan

Ketua PERSI Wilayah Jawa Timur dr. Hendro Soelistijono, MM, M.Kes menyatakan  pemilihan tema Seminar dan Workshop PERSI Wilayah Jawa Timur yaitu Mewujudkan Layanan Unggulan RS Melalui Pengembangan Sumber Daya, dilatarbelakangi tuntutan yang dihadapi RS untuk memiliki layanan unggulan.

Fasilitas layanan unggulan itu dibutuhkan agar RS memiliki keunikan dan keahlian khusus dalam pelayanannya, juga agar RS dapat mengalokasikan sumber dayanya     secara efisien. Sumber daya yang dimaksud meliputi, SDM, peralatan dan fasilitas RS lainnya, teknologi serta keuangan.

 

“Dalam rangkaian kegiatan ini, pengembangan sumber daya dalam upaya mewujudkan layanan unggulan tersebut akan dibahas dan dikupas tuntas, baik di seminar maupun di masing – masing workshop. Sementara dalam Hospital Expo, RS dapat mengetahui kemajuan alat kesehatan terkini. Alat kesehatan mutakhir merupakan salah satu sumber daya yang dibutuhkan dalam memberikan layanan unggulan. Selain itu, dalam pameran juga ada diskon menarik yang dapat dimanfaatkan RS,” kata dr. Hendro.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Iis Zatnika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat