visitaaponce.com

Wali Kota Makassar Siap Jadi Tuan Rumah KIMFest 2024

Wali Kota Makassar Siap Jadi Tuan Rumah KIMFest 2024
Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong saat bertandang ke rumah Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.(MI/Lina Herlina)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik, bakal menggelar Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) di Kota Makassar, Juli atau Agustus 2024 mendatang.

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong menjelaskan KIMFest tersebut adalah kegiatan tahunan untuk menunjukkan potensi-potensi daerah di semua lini, baik UMKM, pertanian, periknan dan sektor lain.

"Komunitas masyarakat ini nanti akan memamerkan dan mendemonstrasikan potensi yang mereka punya, sebagai motivasi untuk daerah lain juga," kata Usman, saat bertemu Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Jumat (31/5).

Baca juga : Kalangan Perguruan Tinggi Harus Berani Bertransformasi di Era Digital

Menurutnya, KIMFest ini berupa pameran yang akan diikuti KIM di seluruh provinsi di Indonesia. Ini juga merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada KIM sebagai mitra strategis pemerintah di dalam melakukan komunikasi publik. 

"Kita ini punya sarana informasi masyarakat  di semua provinsi. Biasanya itu mereka didorong oleh Kominfo di daerah menyampaikan seluruh informasi kepada masyarakat, baik itu tentang UMKM, pariwisata, perikanan, pertanian. Jadi segala hal," tegas Usman.

Kegiatan seperti ini, lanjutnya, sangat penting untuk tetap menjaga silaturahmi secara tatap muka di era digital sekarang ini. Sebab akan lebih akrab dan lebih dekat. Apalagi diakuinya tidak sedikit masyarakat yang masih kesulitan menggunakan teknologi, baik itu  karena terkendala jaringan ataupun yang lainnya. 

Baca juga : Menteri PPPA Minta Kominfo Periksa Situs Jual Beli Organ Manusia

Selain bentuk apresiasi dan memperkenalkan KIM ke seluruh masyarakat, KIMFest ini juga bertujuan menumbuhkan semangat berinovasi, kompetisi, kolaborasi, dan berjejaring antar KIM se-Indonesia.

Karena, menurutnya, meski di era digital seperti sekarang ini, bertemu langsung juga jauh lebih bagus untuk menjalin kedekatang dan membangun rasa empati.

Sementara itu, Wali Kota Danny Pomanto, yang didampingi Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar Ismawaty Nur dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar Muhammad Rheza menyambut baik kegiatan ini. 

Baca juga : Masyarakat Diminta Jangan Sebar Konten Aksi Terorisme di Medsos

Danny menyebut, sebagai suatu berkah bagi Kota Makassar menjadi tuan rumah kegiatan  yang digelar oleh Kementerian Kominfo. Ini merupakan peluang bagi Makassar untuk dikenal lebih luas lagi.

Tidak lupa, Danny juga memperkenalkan program Lorong Wisata yang diperkuat dengan Dewan Lorong (Delor). Delor terdiri dari tokoh masyarakat, perempuan dan kalangan milenial.

"Delor ini adalah kelompok-kelompok diskusi yang juga menjadi mitra Pemkot Makassar dalam melakukan komunikasi publik," pungkas Danny. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat