visitaaponce.com

2 WNI Diamankan Karena Bantu Buronan Thailand

2 WNI Diamankan Karena Bantu Buronan Thailand
Polda Sumatra Utara berhasil mengamankan dua WNI yang diduga membantu pelarian buronan nomor satu kepolisian Thailand, Chaowalit Thongduang.(Freepik)

POLDA Sumatra Utara mengamankan dua warga negara Indonesia (WNI) saat melakukan penangkapan terhadap buronan nomor satu kepolisian Thailand, Chaowalit Thongduang.

"Benar, (dua orang diamankan) Dirkrimum Kombes Sumaryono dan beberapa personel," kata Kabid Humas Polda Sumatra Utara Kombes Hadi Wahyudi saat dikonfirmasi, Sabtu (1/6).

Kedua orang itu ditangkap karena membantu buronan Thailand itu saat di Indonesia. Sayangnya, Hadi tak merinci identitas dan kronologi penangkapan kedua WNI tersebut. 

Baca juga : Buronan Thailand yang Ditangkap di Bali Pakai KTP Palsu Bernama 'Sulaiman'

Kepala Bagian Jatinter Sekretariat NCB Divisi Hubungan Internasional Polri Kombes Audie Latuheru menyebut kedua WNI itu diamankan karena membantu pelarian Chaowalit Thongduang saat di Indonesia. Salah satunya, membuatkan KTP palsu untuk Chaowalit Thongduang.

"Membantu, bikin KTP Palsu dan ada yang ngajarin dia berakting sebagai orang Indonesia," ujar Audie saat dikonfirmasi terpisah.

Chaowalit Thongduang ditangkap di Bali pada Kamis pagi, 30 Mei 2024. Dia merupakan buronan paling dicari oleh kepolisian Thailand.

Chaowalit menyamar sebagai warga Indonesia bernama Sulaiman selama di Tanah Air. Selain itu, Chaowalit juga berpura-pura bisu. Diduga, hal ini untuk menutupi dirinya yang tidak bisa berbahasa Indonesia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat