visitaaponce.com

Palu Berpotensi Jadi Daerah Penghasil Anggur Terbesar di Indonesia

Palu Berpotensi Jadi Daerah Penghasil Anggur Terbesar di Indonesia
Budidaya anggur(Antara)

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, menilai Ibu Kota Sulawesi Tengah Palu berpotensi menjadi kota buah anggur Indonesia.

Direktur Buah dan Florikultura Kementan, Liferdi mengatakan, Palu memiliki wilayah yang strategis untuk pengembangan anggur. Di mana, Palu yang berada di sekitar garis khatulistiwa, membuat anggur lebih adaptif dibanding di daerah lainnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Palu berpotensi besar menjadi kota anggur di Indonesia.

Baca juga : Orang Tua Perkenalkan Varian Minuman API Terbaru Kepada Pengunjung Java Jazz 2024

“Kalau di Parigi Moutong sebagai kabupaten penghasil durian, di Palu sebagai penghasil anggur. Setelah ini dikembangkan akan ada investor yang masuk,” tegas Liferdi di Palu, Minggu (2/6).

Kementan mendorong, Palu menjadi daerah penghasil anggur terbesar di Indonesia. “Sehingga kita ini berjalan dan terus berkembang, pemerintah tidak lagi mengimpor anggur dari luar negeri,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Palu, Asharrini Mastura menjelaskan, Palu memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, khususnya budidaya anggur.

Oleh karena itu, melalui kerjasama dengan Dirjen Hortikultura Kementan, petani dan pelaku usaha anggur Palu diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas dan keterampilannya sehingga mampu menghasilkan produk anggur yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi di pasar lokal, nasional, hingga internasional.

“Bimtek yang digelar bersama Kementan mendukung tujuan kita untuk menjadikan Palu sebagai salah satu pusat hortikultura yang unggul di Indonesia,” tandasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat