visitaaponce.com

Ini Potensi Bahaya saat Penyembelihan Hewan Kurban Menurut Pakar UGM

Ini Potensi Bahaya saat Penyembelihan Hewan Kurban Menurut Pakar UGM
Ilustrasi, hewan kurban.(Dok. MI/Heri Susetyo)

KETUA Juru Sembelih Halal (JULEHA) DI Yogyakarta sekaligus dosen peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Cuk Tri Noviandi, mengingatkan kepada para juru sembelih hewan kurban untuk mengenali beberapa potensi bahaya pada saat proses penyembelihan.

Cuk menyebut, beberapa hal yang sering terjadi dan menimbulkan risiko bagi pekerja penyembelih hewan kurban, antara lain tertendang sapi saat mengikat atau handling sapi, tersayat pisau, terhantam kepala saat sapi tiba-tiba bergerak hingga tertimpa hook atau pisau yang jatuh dari atas.

“Potensi bahaya tersebut tidak akan terjadi jika petugas penyembelih sudah menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap,” papar Cuk saat mengisi Pelatihan Penyembelihan Hewan dan Penanganan Daging Kurban Yang Higienis, Selasa (4/6) di R. Auditorium Drh. R. Soepardjo Fakultas Peternakan.

Baca juga : Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban saat Pandemi Covid-19

Cuk menambahkan potensi bahaya tersebut bisa diantisipasi dan dikurangi dampaknya. Untuk itu, ia berharap agar para petugas yang terlibat dalam proses penyembelihan perlu mengikuti training. Selain itu, mereka juga harus mengerti Standard Operational Procedures (SOP) mengenai penyembelihan maupun mengenakan APD.

“Alat pelindung diri bukan untuk mencegah kecelakaan (reduce likelihood), namun hanya sekedar mengurangi efek atau keparahan kecelakaan (reduce consequences),” tegas Cuk.

Sementara itu, Wakil Ketua Halal Center UGM, Nanung Danar Dono, mengingatkan hewan kurban harus terhindar dari stres sebelum disembelih. Terdapat beberapa syarat agar hewan kurban terbebas dari stres, yaitu tempat penyembelihan hendaknya tenang dan tidak gaduh, istirahatkan ternak setelah perjalanan, dan jangan sampai hewan kurban melihat darah dari temannya yang telah disembelih.

“Tempat penyembelihan hendaknya tenang, bersih, suci dari najis dan tidak gaduh,” kata Nanung.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat