visitaaponce.com

Kasus Keracunan Besek Tahlilan di Cipaku Bogor Ditetapkan Sebagai KLB

Kasus Keracunan Besek Tahlilan di Cipaku Bogor Ditetapkan Sebagai KLB
Kasus keracunan makanan di Bogor(Antara)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, telah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) terkait kasus keracunan makanan yang menimpa 93 warga Kelurahan Cipaku.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah, menyatakan bahwa dengan penetapan status KLB ini, penanganan kasus akan dilakukan dengan skala kota. Biaya pengobatan semua warga yang terdampak akan ditanggung oleh Pemkot Bogor.

"Ambulans harus tersedia tanpa hambatan, petugas medis harus ada, tempat tidur harus tersedia, dan obat-obatan harus lengkap. Jadi, penanganan tidak lagi dilakukan hanya di skala puskesmas, tetapi dalam skala kota," jelas Syarifah, seperti dikutip dari Antara, Selasa (4/6).

Baca juga : Dinkes Kota Bogor Uji Lab Makanan Diduga Peyebab Keracuanan Massal

Penanganan dan rujukan bagi warga yang terindikasi keracunan akan dipusatkan di Puskesmas Cipaku karena lokasinya yang paling dekat dengan tempat tinggal warga.

"Karena puskesmas di sini paling dekat, warga datang ke sini untuk rujukan. Jika diperlukan perawatan lebih lanjut, mereka akan dirujuk ke rumah sakit," tambahnya.

Dari dugaan sementara yang diperoleh melalui wawancara dengan warga, puluhan orang ini diduga keracunan setelah mengonsumsi masakan telur balado yang dimakan pada Sabtu (1/6) malam. Masakan tersebut disebut sudah dimasak sejak Jumat (31/5) malam sebelum dibagikan ke warga.

Baca juga : 71 Warga Bogor Diduga Keracunan Makanan Usai Tahlilan, 1 Orang Meninggal

"Kami bertanya apa yang mungkin mencurigakan, dan mereka menyebut telur balado. Bumbunya sudah mulai basi, rasanya sudah asam," katanya.

Namun, untuk memastikan penyebab keracunan secara medis, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor masih menunggu hasil uji laboratorium dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Jakarta.

"Untuk memastikan secara medis, kami menunggu hasil laboratorium dari pemeriksaan feses dan muntahan yang dikirim ke BBLK Jakarta. Kami masih menunggu hasilnya untuk mengetahui bakteri apa yang terkandung," ujar Syarifah.

Pemkot Bogor mencatat bahwa jumlah warga Kelurahan Cipaku yang diduga mengalami keracunan meningkat dari 71 orang menjadi 93 orang pada Selasa. Saat ini, kondisi mayoritas warga yang terindikasi keracunan berada dalam kategori ringan dan sedang, sedangkan pasien dengan kondisi berat telah dirujuk ke rumah sakit. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat