visitaaponce.com

Pemerintah Kabupaten Kota Se-Kalteng Diminta Untuk Tetapkan Status SiagaDarurat Bencana Karhutla

Pemerintah Kabupaten Kota Se-Kalteng Diminta Untuk Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla
Ilustrasi - Karhutla(KLHK)

PEMERINTAH Kabupaten Kota Se-Kalimantan Tengah (Kalteng) diminta segera menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla di daerahnya masing - masing.

"Seiring dengan datangnya musim kemarau, pemerintah kabupaten kota Se-Kalteng agar segera menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla, yang nanti akan diikuti oleh Pemprov Kalteng dengan menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla Tingkat Provinsi, sehingga dengan adanya penetapan status siaga darurat ini, maka pengerahan sumber daya untuk penanganan darurat karhutla diharapkan akan semakin optimal," kata Asisten Bidang Administrasi Umum (Adum) Setda Provinsi Kalteng Sri Suwanto, Kamis (6/6).

Penetapan status itu, diungkapkan Sri saat membuka Rapat Koordinasi Persiapan Penanganan Darurat Bencana Karhutla Provinsi Kalteng Tahun 2024. Rapat itu diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, di Palangka Raya, Rabu (5/6) sore.

Baca juga : Setelah Sumsel, KLHK Segel Perusahaan di Kalimantan karena Karhutla

"Pemprov Kalteng nantinya  akan mengusulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mendukung operasi udara melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), patroli Udara, waterbombing, dukungan Dana Siap Pakai untuk operasi darat, dan sarana prasarana penanggulangan karhutla," jelasnya.

Tahun 2024 Upacara Peringatan HUT RI Ke-79 tanggal 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

"Agenda ini menjadi sangat penting dan strategis sehingga wajib diamankan dari ancaman bencana karhutla yang berasal dari wilayah Provinsi Kalimantan Tengah," tegasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat