visitaaponce.com

Daerah di Jawa Tengah yang Berpotensi Hujan Lebat

Daerah di Jawa Tengah yang Berpotensi Hujan Lebat
BMKG Jawa Tengah mengatakan hujan masih berpotensi terjadi di sebagian besar daerah di Jawa Tengah meskipun intensitas menurun.(Freepik)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, Jumat (14/6), kembali mengeluarkan peringatan dini sepanjang hari ini, hujan masih berpotensi terjadi di sebagian besar daerah di Jawa Tengah meskipun intensitas menurun dibandingkan sehari sebelumnya terutama pada siang, sore, dan awal malam.

Berdasarkan pengamatan satelit cuaca pukul 06.00 WIB, pada pagi hingga siang sebagian besar daerah cerah berawan, cuaca baru akan mengalami perubahan mulai siang yakni turun hujan ringan. 

"Angin dari arah timur ke barat daya dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam, suhu berkisar 24-33 derajat celcius dan kelembaban 60%-95%," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Arif N.

Baca juga : Potensi Hujan di Sejumlah Daerah di Jawa Tengah Hingga Lebaran Idul Adha

Hujan sedang hingga lebat tidak merata, lanjut Arif, masih berpotensi terjadi terutama di kawasan pegunungan dan dataran tinggi, bahkan dapat disertai angin kencang dan petir yakni di daerah Banjarnegara, Wonosobo, dan Temanggung.

Cuaca hujan ringan hingga sedang, ungkap Arif, diperkirakan terjadi pada siang, sore dan malam hari di Purbalingga, Mungkin, Boyolali, Ungaran dan Magelang, sedangkan hujan ringan di Purwokerto, Karanganyar, Klaten, Sragen, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Kendal, Batang, Kajen, Slawi, Salatiga, Semarang, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

Daerah sisanya, demikian Arif, seperti Cilacap, Kebumen, Purworejo, Sukoharjo, Wonogiri, Purwodadi, Blora, Rembang, Pemalang, Brebes, Surakarta, Pekalongan, dan Tegal berawan sepanjang hari ini. 

"Tinggi gelombang di perairan utara Jawa Tengah 0,2-1,3 meter dan di perairan selatan 1,2-2,5 meter," imbunya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat