visitaaponce.com

32 Ekor Sapi Kurban Terkena Cacing Hati di Kabupaten Kendal

32 Ekor Sapi Kurban Terkena Cacing Hati di Kabupaten Kendal
Sapi kurban ditemukan cacing pita(MetroTv/Iswahyudi)

HEWAN kurban tahun ini di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menghadapi masalah serius dengan penemuan 32 ekor sapi yang terkena cacing hati. Masalah ini memunculkan keprihatinan di antara masyarakat, dengan penekanan bahwa sapi yang terkena cacing pita sebaiknya tidak dikonsumsi dan lebih baik dimusnahkan dengan cara dikubur.

Berdasarkan pantauan tim dokter hewan di lapangan, ditemukan bahwa ada 32 ekor sapi yang mengidap cacing hati. Sapi-sapi ini tersebar di sejumlah masjid dan mushola di seluruh kabupaten, terutama di wilayah Sukorejo dan Boja. Namun, belum ada laporan lengkap dari seluruh wilayah, sehingga jumlah sapi yang terkena cacing hati kemungkinan akan bertambah.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal Puji Yuwono menjelaskan bahwa secara fisik, sapi yang terkena cacing hati memiliki ciri-ciri seperti bulu yang berdiri di sekitar leher dan punggung, serta kesulitan untuk gemuk meskipun banyak makan. Beliau juga menegaskan bahwa kasus cacing hati pada sapi lebih banyak terjadi tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah satu pengurus masjid, Sugiyono, dari Masjid Shirotul Janah di Kaliwungu, Kendal, menjelaskan bahwa setelah pemeriksaan oleh dokter hewan, keenam ekor sapi dan empat ekor kambing di masjid tersebut dinyatakan sehat. Penggunaan besek dari anyaman bambu untuk pengemasan daging kurban juga dilakukan sesuai anjuran pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik.

Sugiyono menambahkan bahwa tahun ini terjadi peningkatan jumlah kurban dibandingkan tahun sebelumnya, dan proses penyembelihan dilakukan dengan lebih baik, termasuk pemotongan yang dilakukan di tempat yang berbeda agar lebih higienis. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat