visitaaponce.com

Bom Rakitan Meledak di Lapas Lhokseumawe, Dua Napi Terluka

Bom Rakitan Meledak di Lapas Lhokseumawe, Dua Napi Terluka
.(Ilustras--thinkstock)

SEBUAH bom rakitan meledak di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Lhokseumawe, Aceh, pada Minggu (23/10) sekitar pukul 14.20 WIB. Akibatnya, dua orang narapidana mengalami luka berat dan luka ringan.

Informasi diperoleh Media Indonesia, beberapa saat setelah kejadian, satu bom rakitan sempat diamankan tim Brimob penjinak bom dari Kompi 4 Jeulikat, Lhokseumawe.

Senjata ala perang itu ditemukan terakit dalam bekas kaleng sarden berukuran panjang 10-12 centimeter dan berdiameter 10 centimeter.

"Sedangkan satu bom lagi telah meledak dan melukai dua korban," kata seorang warga binaan setempat yang enggan menyebutkan identitasnya.

Akibat terkena ledakan bom tersebut, sebagian dinding beton Lapas hancur dan bahkan berlubang yang bisa menembus ke luar. Suasana di dalam Lapas pun sempat panik beberapa saat. Apalagi, para penghuni melihat dua teman mereka yang terkapar mengeluarkan darah segar.

Dua korban ledakan itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Lhokseumawe. Satu di antaranya telah dikembalikan ke Lapas dan korban yang mengalami luka berat karena sekujur tubuhnya terbakar masih dirawat inap.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Goenawan, mengatakan, berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP), bom rakitan yang terbuat dari bekas kaleng sarden itu berdaya ledak rendah. Untuk memicu ledakan, pelaku memakai baterai.

Adapun bom yang masih utuh dan belum meledak itu dipasang di tembok Lapas. Pemicu ledakan dengan sistem sumbu atau dengan cara dibakar.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui dari mana asal bom rakitan itu hingga bisa berada di dalam LP. Beberapa saat setelah kejadian, wartawan yang hendak melihat langsung ke dalam Lapas, tidak diperbolehkan masuk.

Tim Polres Lhokseumawe sedang menyelidiki kasus tersebut. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat