visitaaponce.com

Tidak Hadir di Tokyo, Komite Olimpiade Korut Disanksi

Tidak Hadir di Tokyo, Komite Olimpiade Korut Disanksi
Logo Olimpiade Tokyo 2020(AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

KOMITE Olimpiade Internasional (IOC) menjatuhkan sanksi dengan membekukan Komite Olahraga Nasional Korea Utara (Korut) hingga 2022 karena tidak hadir di Olimpiade Tokyo 2020. Hal itu diungkapkan Ketua IOC Thomas Bach, Rabu (8/9).

Skorsing itu mencakup Olimpiade Musim Dingin di Beijing.

"NOC Korea Utara merupakan satu-satunya NOC yang tidak berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020. Dewan Eksekutir IOC telah memutuskan untuk menskors NOC Korea Utara hingga akhir 2022 atas keputusan mereka," ujar Bach.

Baca juga: Greysia/Apriyani Umrahkan Asisten Pelatih Sekeluarga

Korut merupakan satu-satunya dari lebih dari 200 NOC di dunia yang tidak ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Aksi Korut itu melangar salah satu pasal utama dalam Piagam Olimpiade yang berbunyi, "Setiap NOC wajib berpartisipasi di Olimpiade dengan mengirimkan atlet mereka."

Ketidakhadiran Korut di Olimpiade Tokyo 2020 terjadi setelah mereka menolak semua usulan IOC terkait protokol covid-19 termasuk pemberian vaksin bagi para atlet mereka.

IOC menegaskan Korut telah diperingatkan mengenai konsekuensi melakukan boikot pertama terhadap Olimpiade sejak Olimpiade Seoul 1988.

Seiring skorsing itu, IOC juga membekukan semua dukungan bagi Korut, yang selama ini telah tertahan karena sanski intrenasional terhadap 'Negeri Juche' itu. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat