visitaaponce.com

Dua Protes Ditolak, Mercedes Gugat Kemenangan Verstappen di GP Abu Dhabi

Dua Protes Ditolak, Mercedes Gugat Kemenangan Verstappen di GP Abu Dhabi
Pembalap Red Bull Max Verstappen melakukan selebrasi usai menjadi juara di GP Abu Dhabi(AFP/ANDREJ ISAKOVIC)

TIM Mercedes mengumumkan niat mereka untuk mengajukan gugatan setelah steward Formula 1 menolak dua protes mereka atas hasil GP Abu Dhabi, Minggu ((12/12), yang dimenangi oleh pembalap Red Bull Max Verstappen.

Kemenangan itu mengantarkan Verstappen meraih gelar juara dunia Formula 1 pertamanya.

Gugatan itu terkait dengan aturan safety car yang diberlakukan di akhir balapan akibat kecelakaan yang dialami Nicholas Latifi.

Baca juga: Steward Tolak Protes Mercedes Atas Kemenangan Verstappen

Masuknya safety car menyebabkan Verstappen sukses melewati pembalap Mercedes Lewis Hamilton untuk menjadi juara di GP Abu Dhabi.

Mercedes mengklaim direktur pertandingan tidak memberlakukan aturan dengan tepat dengan mengizinkan lap terakhir tetap terjadi selepas safety car.

Steward beralasan meski Artikel 48.12 tidak diberlakukan secara penuh, tanda 'safety car di lap ini' telah ditampilkan dan itu berarti saat saftey car keluar lap terakhir bisa dikalankan.

Mercedes juga mengklaim Verstappen telah melewati Hamilton saat periode safety car belum tuntas.

Tim Red Bull beralasan kedua mobil sama-sama mengegas dan ada jutan preseden bahwa saat kondisi safety car, mobil boleh berada sejajar namun mobil yang berada di belakang harus selalu mundur ke belakang mobil terdepan.

Steward menyimpulkan meski Verstappen sempat berada di depan Hamilton, dia tidak berada di depan pembalap Mercedes itu di akhir periode safety car. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat