visitaaponce.com

Marc Marquez danMario Aji SemarakkanParade MotoGP di Jakarta

Marc Marquez dan Mario Aji Semarakkan Parade MotoGP di Jakarta
Juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez akan turut menyemarakkan Parade MotoGP di Jakarta.(KARIM JAAFAR / AFP)

WAKIL Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Cahyadi Wanda mengatakan sebanyak 20 pembalap dari tim MotoGP, Moto2, dan Moto3 akan mengikuti parade di Jakarta pada Rabu (16/3) besok.

Cahyadi mengatakan peraih enam gelar juara MotoGP, Marc Marquez dan juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir akan mengikuti iring-iringan sepeda motor dari Istana Merdeka sampai ke Hotel Kempinski Bundaran HI.

Cahyadi mengatakan nantinya parade tersebut juga akan diikuti pembalap Indonesia yang terjun di Moto3, yakni Mario Aji.

Baca juga : Red Bull KTM Optimistis Tampil Apik di MotoGP 2024

"Akan ada 20 pembalap besok mulai dari Marc Marquez, Joan Mir, Bagnaia, Jack Miller. Jadi, totalnya akan ada 20 pembalap, termasuk juga di dalam rangkaian itu adalah pembalap moto3, dan juga pembalap ATC dari Indonesia," kata Cahyadi di Jakarta, Selasa (15/3).

Cahyadi menjelaskan acara besok akan diawali dengan para pembalap menghampiri Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Hal tersebut, kata ia, dilakukan sebagai bentuk penghormatan sebelum balapan MotoGP dilaksanakan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 18 Maret mendatang.

Baca juga : Marini Tegaskan Tekad Naik Podium di Musim 2024

"Besok rencananya Bapak Presiden (Joko Widodo) akan menerima para pembalap ini diawali dengan sarapan bersama lalu akan ada bincang-bincang sebentar di istana," kata Cahyadi.

Setelah itu, Presiden Joko Widodo melepas secara resmi dan mengucapkan selamat bertanding kepada para pembalap tersebut dari Istana Merdeka pada pukul 10:00 WIB.

Kemudian, para pembalap akan iring-iringan menuju Hotel Kempinski. Setelah melepas para pembalap, Jokowi tidak akan mengikuti parade pembalap MotoGP.

Baca juga : Simak Daftar Pembalap MotoGP 2024, Marquez Bersaudara Reuni

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan nantinya selain pembalap juga akan ada 60 motor lainnya yang ikut dalam parade. 60 motor tersebut merupakan pabrikan sepeda motor yang ada di Indonesia.

"Sehingga kurang lebih total 80 sepeda motor yang akan mengikuti parade tersebut dari Istana sampai dengan Hotel Kempinski," kata Sambodo.

Sambodo mengatakan pihaknya akan melaksanakan pengamanan selama rangkaian parade yang dimulai pada pukul 10:00 hingga 11:00 WIB.

Baca juga : Duo Rider Repsol Honda Antisipasi Tantangan di GP Malaysia

Pihaknya akan melakukan pengamanan jalur mulai dari Istana Merdeka sampai Hotel Kempinski dengan menutup jalan pada saat parade. Sedangkan dari arah berlawanan akan tetap berjalan normal seperti biasa.

"Jadi yang ditutup hanya satu arus itu pun kita tutup hanya pada saat rombongan melintas mulai dari Istana sampai dengan Kempinski," katanya.

Kemudian pada saat parade nantinya aparat kepolisian dan pemerintah daerah akan melakukan pengamanan di sepanjang jalan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penonton untuk masuk ke jalan saat parade berlangsung.

Baca juga : Marquez Senang Indonesia Punya Banyak Pembalap Muda

"Akan ditempatkan petugas untuk melaksanakan pagar betis supaya jangan sampai ada penonton yang tiba-tiba nyelonong ke tengah ataupun menjaga keamanan dari pada para pembalap," katanya.

Lebih lanjut, Sambodo meminta masyarakat untuk menghindari kawasan Jalan MH Thamrin pada saat parade berlangsung untuk mengurangi kepadatan kendaraan. Ia meminta masyarakat untuk mendukung pelaksanaan parade pembalap MotoGP tersebut.

"Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan baik kita tunjukan bahwa Jakarta dan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi pelaksanaan MotoGP," katanya. (Faj/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat