visitaaponce.com

Modal Positif Ginting Tatap BWF World Tour Finals 2022

Modal Positif Ginting Tatap BWF World Tour Finals 2022
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.(AFP/Kazuhiro Nogi)

KEMENANGAN pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di kejuaraan Jerman Terbuka akhir pekan kemarin (6/11), menjadi modal baik untuknya mengarungi perjalanan di BWF World Tour Finals 2022.

Dalam aksinya di partai puncak Jerman Terbuka, Ginting sukses menekuk wakil Taiwan Chou Tien Chen dengan rubber game 18-21, 21-11 dan 24-22. Gelar juara itu menjadi yang kedua diraih Ginting sepanjang tahun ini setelah Singapura Terbuka pada Juli lalu.

"Keberhasilan merebut titel juara di Hylo Open 2022 (Jerman Terbuka), harapannya Ginting makin siap menuju BWF World Tour Final. Kemenangan itu pasti akan membuat rasa percaya dirinya bertambah. Ini tentu bisa menjadi modal bagus untuk menghadapi kejuaraan penutup akhir tahun tersebut," ucap Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan resminya, Selasa (8/11).

Jika kembali melihat perjalanan Ginting di Jerman Terbuka 2022, Pebulu tangkis asal Cimahi itu tempil dengan luar biasa. Ditengah penampilan buruknya pada Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka di mana dia terhenti di putaran pertama, Ginting secara mengejutkan berhasil bangkit dari trend negatif itu.

Sederet pebulu tangkis unggulan berhasil dilibas Ginting di Jerman, termasuk menghentikan laju wakil Jepang Kodai Naraoka, mengalahkan Juara Dunia 2021 Loh Kean Yew, hingga menang dari wakil India Kidambi Srikanth.

Penampilan baik tersebut tentu diharapkan dapat dilanjutkan Ginting di BWF World Tour Finals nanti. Jika peraih medali perunggu Olimpiade 2020 Tokyo itu dapat konsisten dengan penampilan apiknya, tentu bukan tidak mungkin Ginting akan melenggang jauh di kejuaraan penutup musim itu.

Meski Ginting telah tampil luar biasa di Jerman, namun Rionny menilai ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan pebulu tangkis tunggal putra andalan Indonesia itu untuk persiapan menuju BWF World Tour Finals 2022. Hal yang paling disoroti Rionny adalah ketenangan dan fokus Ginting saat menghadapi poin-poin kritis.

"Yang harus diperhatikan pada poin-poin akhir saat unggul dan memimpin, Ginting harus lebih sabar, fokus, dan tenang untuk bisa menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan," tutur Rionny.

"Saya tentu akan berdiskusi dengan coach Irwansyah, menyangkut langkah apa dan progam apa yang bakal diterapkan untuk meningkatkan performa para pemain tunggal, termasuk Ginting, baik dari segi teknik, strategi, mental, dan stamina," jelasnya.

Dapat diketahui, kejuaraan BWF World Tour Finals 2022 dijadwalkan bakal berlangsung pada 14-18 Desember mendatang di Guangzhou, Tiongkok. Ginting telah dipastikan tampil dalam kejuaraan itu setelah mengumpulkan 62.100 poin dan menduduki posis kelima klasemen BWF road to Guangzhou.

Selain Ginting, tunggal putra Jonatan Christie juga dipastikan bakal tampil di kejuaraan yang mempertemukan 8 pebulu tangkis top dunia itu. Jojo lolos BWF World Tour Finals setelah meraup 64.960 poin dan menduduki posisi keempat di klasemen. (OL-13)

Baca Juga: Pelatih Puji Penampilan Ginting Sejak Awal Turnamen Hingga Jadi ...

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat