visitaaponce.com

Polandia Klaim Puluhan Negara Dukung Pelarangan Atlet Rusia Tampil di Olimpiade

Polandia Klaim Puluhan Negara Dukung Pelarangan Atlet Rusia Tampil di Olimpiade
Logo Olimpiade Paris 2024(AFP/STEPHANE DE SAKUTIN)

MENTERI Olahraga Polandia Kamil Bortniczuk, Kamis (2/2), mengatakan ada puluhan negara yang akan secara terbuka menolak keterlibatan atlet Rusia dan Belarus di Olimpiade Paris 2024.

"Saya rasa, pekan depan, sikap tegas mengenai hal ini akan diungkapkan oleh sekitar 40 negara," ungkap Bortniczuk lewat stasiun televisi Polandia.

Sikap mereka, lanjutnya, sangat jelas yaitu menolak partisipasi atlet Rusia dan Belarus di Olimpiade.

Baca juga: IOC Buka Jalan Atlet Rusia Tampil di Olimpiade 2024, Ukraina Marah

Dia mengaku negara-negara itu adalah anggota Uni Eropa dan Inggris.

Bortniczuk juga menyebut Amerika Serikat (AS) masuk dalam kelompok tersebut. Namun, Washington, Kamis (2/2) menegaskan mendukung diizinkannya atlet Rusia dan Belarus tampil di Olimpiade namun di bawah bendera netral.

Beberapa hari terakhir perdebatan mengenai noleh atau tidaknya atlet Rusia dan Belarus tampil di Olimpiade Paris 2024 semakin memanas.

Ukraina meminta agar atlet Rusia dilarang tampil di Olimpiade Paris 2024 terkait invasi Moskow ke Ukraina, yang menyebabkan sejumlah atlet Ukraina menjadi korban.

Adapun Rusia bersikeras atlet mereka bisa tampil di Olimpiade karena pesta olahraga dunia itu disebut Moskow harus bebas dari unsur politis.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan tengah meninjau kemunmgkinan bagi atlet Rusia untuk ambil bagian di Olimpiade Paris 2024 sebagai atlet netral. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat