visitaaponce.com

Alcaraz Terus Hantui Djokovic Di Peringkat Satu Dunia

Alcaraz Terus Hantui Djokovic Di Peringkat Satu Dunia
PETENIS Carlos Alcarz Garfia(MAURO PIMENTEL / AFP)

PETENIS Carlos Alcarz Garfia tampil kian menjanjikkan pasca pulih dari cedera perut dan hamstring yang dideritanya tahun lalu. Petenis asal Spanyol itu membuktikan ketangguhannya di babak pertama Rio Terbuka 2023.

Setelah merebut gelar juara di Argentina Terbuka akhir pekan lalu, Alcaraz melanjutkan trend positif dengan memetik kemenangan di laga pembuka Rio Terbuka pada Kamis (23/2) WIB. Dia menang atas petenis Brasil Mateus Alves dengan kedudukan 6-4 dan 6-4.

Kemenangan ini tentu menambah modalnya untuk merebut kembali takhtanya sebagai petenis nomor satu dunia. Alcaraz kehilangan status tersebut setelah absen selama sekitar 4 bulan akibat cedera, yang membuat Novak Djokovic menduduki posisi tersebut.

"Itu adalah pertandingan yang rumit seperti yang ditunjukan dengan hasil akhir. Alves adalah pemain hebat dia menunjukkan permainan terbaik. Tapi saya senang dengan kemenangan ini," ucap Alcaraz terkait pertandingannya di babak pembuka Rio Terbuka, dikutip dari AFP, Kamis (23/2).

Kemenangan ini membuat Alcaraz terus menambah pundi-pundi poin di klasemen peringkat. Dia saat ini terpantau hanya berselisih 590 poin dari Djokovic di peringkat satu dunia.

Dengan Djokivic yang sampai saat ini belum kembali berkompetisi dan kemungkinan akan kehilangan 90 poin pada akhir pekan, kondisi itu membuka peluang bagi Alcaraz menyamai raihan poin Djokovic di nomor satu dunia, jika petenis berusia 19 tahun itu merebut gelar juara di Rio.

Baca juga: Alcaraz Melaju ke Putaran Kedua Rio Terbuka

Saat ini Djokovic berada di peringkat satu dunia dengan raihan 7.070 poin, jika dia kehilangan 90 poin pada pekan ini dia akan bertengger di puncak klasemen dengan 6.980 poin. Sementara Alcaraz saat ini tercatat mengumpulkan 6.480 poin dan berpeluang mendapat 500 poin tambahan jika menjadi  juara di Rio Terbuka.

Namun sebelum mendekati raihan poin Djokovic di puncak klasemen peringkat, petenis nomor satu dunia, Alcaraz tentu harus menyelesaikan setidaknya empat pertandingan lagi di Rio dengan kemenagan.

Terdekat Alcaraz bakal menghadapi petenis tangguh asal Italia Fabio Fognini di babak 16 besar Rio Terbuka. Fognini berhasil melaju ke putaran kedua setelah menang dari petenis Chili Marcelo Tomas Barrios dengan dua set langsung 6-2 dan 6-3.

Berbicara terkait pertandingannya melawan Fognini di babak 16 besar pada Jumat (24/2) pagi. Alcaraz mengaku harus tetap fokus sepanjang pertandingan untuk mengimbangi permainan calon lawannya itu.

"Fabio adalah pemain hebat. Dia bermain di level yang sangat tinggi sepanjang kariernya. Dia sangat berbahaya dengan bakat besar. Saya harus tetap fokus pada pertandingan nanti," tegas Alcaraz. (AFP/OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat