visitaaponce.com

Wushu Tambah Sumbangan Emas SEA Games 2023 dari Nomor Changquan Putra

Wushu Tambah Sumbangan Emas SEA Games 2023 dari Nomor Changquan Putra
Atlet wushu Edgar Xavier Marvelo.(AFP)

TIMNAS wushu Indonesia kembali menyumbangkan medali emas di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Satu medali emas ditorehkan andalan Indonesia, Edgar Xavier Marvelo.

Pada perlombaan yang digelar di Hall A Chroy Changvar, Phnom Penh, Jumat (12/3), Edgar tampil gemilang di nomor changquan putra menjadi yang terbaik dengan mengantongi nilai tertinggi 9,73 poin.

Di nomor tersebut medali perak direbut Jowen Lim Si Wei dari Singapura dengan 9,67 poin dan perunggu didapat Wong Weng Song dari Malaysia dengan 9,66 poin. Emas yang diraih Edgar kali ini menebus kegagalannya pada edisi Vietnam lalu.

Baca juga : Balap Sepeda Tambah Pundi Emas Indonesia di SEA Games

"Hari ini paling mendebarkan tetapi saya bersyukur bisa melaluinya dengan sempurna. Medali emas ini sebagai penebus kegagalan saya saat tampil di nomor changquan SEA Games 2021 Vietnam," ucapnya.

Medali emas di Kamboja ini menjadi yang ketiga bagi Edgar sepanjang SEA Games. Dua emas sebelumnya ditorehkan pada edisi SEA Games 2019 Filipina.

Baca juga : Kisah Perjuangan Berat Maria Londa demi Meraih Emas di SEA Games

Tim wushu juga menambah dua medali perak yang disumbangkan Eugenia Diva Widodo di nomor changquan putri dan Haris Horatius dari nomor gabungan nandao-nangun putra.

Dengan torehan itu, tim wushu Indonesia selama di Kamboja menyumbangkan dua emas, lima perak, dan satu perunggu.

Medali emas dari cabang wushu didapat melalui atlet taolu Muhammad Daffa Golden Boy yang juga merupakan emas pertamanya sekaligus emas pertama cabang wushu di SEA Games 2023.
 
Atlet kelahiran tahun 2000 itu mendapatkan medali emas dari nomor pertandingan Jianshu-Qiangshu. Ia meraih nilai tertinggi Jianshu dengan 9,76 poin. Sebelumnya, dia juga mencatat nilai tertinggi 9,65 poin untuk Qiangshu.

Raih 43 Emas

Hingga hari keenam pertandingan SEA Games 2023 di Kamboja, pada Jumat, 12 Mei 2023 pukul 15.37, Indonesia secara keseluruhan mengumpulkan 43 emas, 37 perak, dan 58 perunggu.
 
Satu tingkat di atas Indonesia adalah Thailand yang menempati peringkat ketiga dengan selisih 12 emas dari Indonesia. Thailand mengumpulkan 55 emas, 39 perak, dan 59 perunggu.
 
Tuan rumah Kamboja sementara ini berada di posisi kedua dengan
perolehan 56 emas, 44 perak, dan 54 perunggu.
 
Vietnam untuk sementara berada di peringkat pertama yang hanya berselisih 3 emas dengan peringkat kedua, dengan total medali 59 emas, 59 perak, dan 73 perunggu. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat