visitaaponce.com

Bulu Tangkis Potensial Tambah Empat Emas di SEA Games 2023

Bulu Tangkis Potensial Tambah Empat Emas di SEA Games 2023
pemain bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Christian Adinata.(AFP)

Indonesia berpeluang menambah pundi medali emas dari cabor bulu tangkis nomor perorangan di SEA Games 2023 Kamboja. Empat medali emas potensial diraih yang dua di antaranya sudah dipastikan karena terjadi all Indonesian final.

Sektor tunggal putra dan ganda putri menorehkan final sesama wakil Indonesia yang berlangsung Selasa (16/5) besok. Di tunggal putra, terjadi all Indonesian final antara Christian Adinata menghadapi Chico Aura Dwi Wardoyo.

Christian yang berstatus unggulan kedua kedua lolos ke final setelah menang melawan pemain Malaysia berstatus unggulan ketiga Leong Jun Hao 21-19, 21-12 pada laga yang berlangsung, Senin (15/5). Adapun Chico yang menjadi ungguln pertama maju ke final usai menekuk pemain Malaysia lainnya unggulan keempat Lee Shun Yang 21-15, 21-18.

Baca juga: Rahmat Erwin Cetak Rekor Angkat Besi di SEA Games Kamboja

"Puji Tuhan bisa ke final dan tidak menyangka karena sebenarnya saya tidak main perorangan. Tapi karena Vito (Shesar Hiren Rhustavito) cedera, maka saya yang menggantikan," ujar Christian.

"Untuk besok saya dan Christian semoga bisa menampilkan yang terbaik. Siapapun yang menang, medali emasnya untuk Indonesia," ucap Chico.

Di sektor ganda putri, medali emas juga sudah di tangan karena final bakal mempertemukan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose.

Baca juga: 70 Medali Emas, Kontingen Indonesia Lampaui Target Jokowi di SEA Games 2023

Febriana/Amalia melaju ke final setelah di partai semifinal mengalahkan wakil Malaysia, Lee Xin Jie/Low Yeen Yuan, dengan 21-9, 21-9. Adapun Meilysa/Rachel menang atas pasangan Malaysia lainnya Cheng Su Hui/Cheng Su Yin 21-10, 21-17.

Di ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati memastikan tiket ke final untuk perebutan emas setelah sukses melewati pasangan Thailand, Ratchapol Makkasasithorn/Chasinee Korerap dengan 19-21, 21-18, 21-19.

Di laga final, Rehan/Lisa akan menghadapi wakil Malaysia, Yap Roy King/Su Yin Cheng. Emas potensial disumbangkan Rehan/Lisa yang berstatus unggulan pertama.

"Kami belajar bagaimana melawan yang peringkatnya di bawah kami. Mengatasi mereka yang main nothing to lose dan kami ada beban," ujar Rehan.

"Besok kami harus lebih banyak pemanasan lagi, jadi masuk lapangan sudah benar-benar siap, itu bisa mengurangi ketegangan. Bermain enjoy, tidak perlu memikirkan besok adalah partai final. Kami mau menampilkan yang terbaik, kami mau memberikan yang terbaik untuk Indonesia," imbuhnya.

Sektor ganda putra meloloskan unggulan kedua Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Rambitan ke final. Di semifinal, Pramudya/Yeremia melewati wakil Singapura, Ngee Joo Jie/Jihan Prajogo dua gim langsung 21-16, 21-18.

Sementara itu, unggulan pertama Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana harus puas meraih perunggu usai dikalahkan pasangan Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul dengan 12-21, 19-21.

Hanya sektor tunggal putri yang tak menempatkan wakil di final. Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo harus puas meraih perunggu setelah keduanya masing-masing terhenti di semifinal SEA Games 2023.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat