visitaaponce.com

Campione..campione. Garuda Muda

Campione..campione. Garuda Muda
Teriakan 'campione..campione..ole..ole..ole.." menggema di depan Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Jum'at (19/5).(Akmal Fauzi)

TERIAKAN 'campione..campione..ole..ole..ole.." menggema di depan Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Jum'at (19/5) pagi. Ruas jalan sesak, dipadati ratusan pendukung tim U-22 Indonesia yang sudah selepas subuh tiba di lokasi. Tak jauh dari gerbang utama, bus TransJakarta dominan warna merah putih melintas pelan, membelah kerumunan pendukung Garuda Muda yang hadir.

Para pemain berdiri di bus yang memiliki atap terbuka. Medali emas hasil perjuangan di SEA Games 2023 Kamboja menggelantung di leher para pemain. Suar dinyalakan para suporter sembari menyanyi yel-yel kemenangan.

Hari itu, parade juara digelar setelah para pemain tiba di Tanah Air dari Kamboja, Kamis (18/5) malam WIB. Hutang juara selama 32 tahun di cabang olahraga sepak bola putra SEA Games terbayar dan pantas dirayakan. Para atlet cabang olahraga lain yang meraih prestasi di turnamen multicabang Asia Tenggara itu ikut merayakan bersama.

Baca juga : BRI Dorong Talenta Muda Timba Ilmu dari 4 Legenda Sepak Bola Dunia

Lebih dari tiga jam parade juara yang melintasi kawasan Senayan, Jalan Sudirman, Bundaran Hotel Indonesia disambut meriah warga Jakarta. Bukan hanya kelompok suporter timnas, para pelajar, karyawan swasta serta pengendara yang melintas ikut larut dalam euforia juara skuad asuhan Indra Sjafri itu

Sepanjang jalan, iringan pemain disambut meriah warga yang melintas hingga pekerja kantor sekitar. Warna merah putih menghiasi jalan-jalan diiring lagu-lagu kemenangan.

Berada di tengah hiruk pikuk perayaan Garuda Muda. Beberapa orang menyambut bahagia kesuksesan Indonesia di ajang SEA Games 2023. Meski pun tidak keluar sebagai juara umum.

Baca juga : FIFA Matchday Indonesia Vs Argentina Digelar 19 Juni 2023 di GOR Bung Karno

"Indonesia..Indonesia.. !" teriak warga menyambut rombongan atlet.

Di kawasan Bundaran HI, kelompok suporter juga menyambut para pemain dengan aksi 1.000 bunga mawar dan sejumlah poster dukungan. "Selamat datang para juara SEA Games 2023, dari Asia Tenggara menuju sepak bola pentas dunia,"demikian isi tulisan di poster.

Rombongan tim U-22 Indonesia kemudian berhenti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai titik akhir parade juara pukul 11.30 WIB. Marselino Ferdinan dkk disambut meriah ratusan suporter yang sudah menunggu sejak pagi.

Baca juga : Rayakan Kemenangan Timnas U-22, Pramono Anung dan Saleh Husin Gowes 101 KM  

"Ayo kita bangkitkan sepak bola Indonesia, kita revolusi mental dari sepak bola. Setuju?," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir kepada para pendukung timnas.

Erick juga meminta maaf kepada warga Jakarta karena membuat macet lalu lintas dengan adanya arak-arakan Tim Indonesia. Erick menyebut para pemain tim U-22 Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan lebih dari dua bulan di Jakarta, bahkan menjalani ibadah puasa dan Hari Raya Idul Fitri jauh dari rumah dan akan segera dibubarkan setelah pawai usai.

Kapten tim U-22 Indonesia Rizky Ridho mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas sambutan ke pemain. "Terima kasih untuk doa dukungan selama ini dan kami bawa pulang (medali emas) ini untuk kalian," kata Ridho.

Baca juga : Pujian dan Harapan Sambut Kedatangan Garuda Muda

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengaku bangga dengan prestasi yang diraih kontingen Indonesia di SEA Games. Dengan target 69 emas, menjadi 87 emas, tim Merah Putih meraih 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu di SEA Games 2023.

Dito bangga, Indonesia akhirnya bisa membawa pulang medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games setelah 32 tahun lamanya.

"Mohon maaf warga Jakarta karena lebih dari dua jam kami buat macet. Tapi ini memberikan energi positif. Terima kasih atas dukungan untuk kontingen dan para juara hingga meraih 87 medali emas,” kata Dito. (Mal

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat