visitaaponce.com

Hankook Siapkan Ban Khusus Balapan Formula E Jakarta

Hankook Siapkan Ban Khusus Balapan Formula E Jakarta
Ban khusus Hankook iON Race yang disiapkan untuk balapan ABB FIA Formula E Championship di Jakarta.(Twitter @Hankook_sport)

PRODUSEN ban global Hankook Tire menyiapkan ban khusus, yakni Hankook iON Race untuk balapan ABB FIA Formula E Championship di Jakarta pada 3-4 Juni. Pabrikan ban asal Korea Selatan itu menggantikan Michelin sebagai pemasok ban tunggal kejuaraan mobil listrik dunia itu.

Hankook menyiapkan lini ban terbarunya yang secara khusus dikembangkan untuk mobil balap listrik. Ban iON Race itu didesain untuk menguasai berbagai tantangan yang dihadapi pada balapan di Formula E.

Ban itu memiliki keunggulan di antaranya adalah 18% pengurangan kebisingan, 15% masa pakai, 6% peningkatan jangkauan baterai, hingga 10% stabilitas berkendara dibandingkan dengan ban lainnya.

Baca juga : Formula-E Jakarta, Ini 3 Lokasi Parkir Kendaraan yang Disiapkan

Tim balap di Formula E juga bisa menggunakan satu ban untuk kondisi kering dan basah sekaligus untuk menghemat energi. Berbeda dengan ajang balap Formula 1 (F1) yang ban basah dan kering dibuat terpisah.

"Ban Hankook menunjukkan keandalannya dalam mendukung para pebalap di trek balapan mobil listrik," kata Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI), Yoon Soo Shin.

Baca juga : Maserati Pimpin Latihan Pertama Formula E Jakarta E-Prix

Tata letak Jakarta International e-Prix Circuit dibangun khusus untuk balapan Formula E Jakarta E-Prix ini terinspirasi dari postur Kuda dan melaju searah jarum jam. Selain lintasan lurus start atau finis sepanjang 600 meter, sirkuit sepanjang 2.370 meter ini juga dilengkapi tikungan lambat, sedang, dan sangat cepat.

Belokan 1 sirkuit Jakarta E-Prix adalah tikungan kanan yang panjang, menawarkan banyak peluang menyalip. Hair pin di belokan 13, adalah zona pengereman terberat di sirkuit dan diikuti oleh tikungan tajam ke kanan. Belokan 16 di luar dan merupakan zona aktivasi untuk Attack Mode.

Sebagai sponsor ban tunggal di Formula E, Hankook Indonesia juga melihat balapan mobil listrik sebagai edukasi. Formula E juga sejalan dengan program pemerintah yang terus menggencarkan pemakaian kendaraan listrik.

"Di Indonesia sendiri sejalan dengan program pemerintah peduli dengan lingkungan menyediakan ban khusus kendaraan listrik karena memang karakteristik ban mobil listrik dan konvensional berbeda. Orang perlu paham mobil listrik itu perlu ban yang khusus juga," kata National Sales Manager PCR PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat