visitaaponce.com

Muchova Mengaku Sempat Divonis tidak Bisa Bermain Tenis Lagi

Muchova Mengaku Sempat Divonis tidak Bisa Bermain Tenis Lagi
Petenis Rep Ceko Karolina Muchova(AFP/Thomas SAMSON)

KAROLINA Muchova melaju ke final Prancis Terbuka, Kamis (8/6), usai bangkit dari ketertinggalan 2-5 di set pamungkas dan mengalahkan peringkat dua dunia Aryna Sabalenka. Dia mengaku terinspirasi oleh vonis dokter bahwa dia tidak akan bisa bermain tenis lagi.

Petenis Rep Ceko peringkat 43 dunia itu mengalahkan Sabalenka 7-6 (7/5), 6-7 (5/7), dan 7-5 dalam pertarungan selama 3 jam dan 13 menit untuk meraih tiket berhadapan dengan juara bertahan Iga Swiatek di laga final, Sabtu (10/6).

Mantan petenis peringkat 20 besar dunia dihantui serangkaian cedera dalam kariernya.

Baca juga: Tekuk Haddad Maia, Swiatek Melaju ke Final Prancis Terbuka

Cedera perut menyebabkan dia absen selama tujuh bulan pada 2021 dan dia harus meninggalkan lapangan dengan kursi roda setelah mengalami cedera pergelangan kaki di Prancis terbuka tahun lalu.

September lalu, peringkat Muchova masih di luar 200 besar dunia.

"Saya absen di Australia Terbuka tahun lalu dan saya berada dalam kondisi kesehatan yang buruk. Saya berusaha keras untuk bisa kembali fit," ujar Muchova, yang merupakan semifinal Australia Terbuka 2021.

Baca juga: Kejutkan Sabalenka, Muchova Melaju ke Final Prancis Terbuka

"Beberapa dokter mengatakan kepada saya bahwa saya kemungkinan tidak akan bisa berolahraga lagi. Namun, saya berusaha tetap positif dan bekerja keras agar bisa bermain tenis lagi."

"Tahun lalu, ketika peringkat saya merosot, saya berusaha mendapatkan motivasi untuk pertandingan namun saya tidak bisa mendapatkannya," lanjutnya.

Namun, Muchova mengatakan rasa percaya dirinya kembali ketika dia berhasil mencapai babak perempat final di Auckland, Dubai, dan Indian Wells.

"Saya merasa kondisi saya fit. Saya sangat menikamti permainan saya dan saya telah kembali ke papan atas tenis," tegasnya.

Petenis beursia 26 tahun itu menambahkan  Sabalenka dalam daftar petenis papan atas yang ditaklukannya di Prancis Terbuka setelah menundurkkan unggulan delapan Maria Sakkari di putaran pertama dan runner-up Prancis Terbuka 2021 Anastasia Pavlyuchenkova di perempat final.

Bagi Sabalenka, kekalahan dari Muchova mengakhiri rangkaian 12 kemenangan beruntunnya di laga Grand Slam. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat