visitaaponce.com

Gauff Butuh 3 Jam Taklukkan Muchova, Sukses Maju ke Final AS Terbuka

Gauff Butuh 3 Jam Taklukkan Muchova, Sukses Maju ke Final AS Terbuka
Coco Gauff merayakan kemenangannya atas Karolina Muchova, Kamis (7/9).(AFP)

PETENIS tuan rumah Coco Gauff berhasil melaju ke babak final ASTerbuka 2023 usai mengalahkan petenis unggulan ke-10 asal Republik Ceko, Karolina Muchova.

Petenia berusia 19 tahun asal Florida itu melaju ke final pertamanya di Flushing Meadows setelah menang 6-4, 7-5 di semifinal yang memakan waktu hampir tiga jam karena ada drama gangguan dari pengunjuk rasa.

Gauff mengakui bahwa penundaan selama 50 menit akibat aksi demonstran perubahan iklim itu merupakan hal yang menantang karena tetap harus menjaga kondisi di ruang ganti.

Baca juga : Sabalenka Bertekad Balaskan Dendam terhadap Gauff di Semifinal Australia Terbuka

Ia mengatakan bersimpati dengan para aktivis dan perjuangan mereka. Namun, akan lebih baik jika aksi itu tidak berlangsung saat ia bertanding.

"Saya pikir ada hal-hal yang bisa kami lakukan dengan lebih baik. Saya tahu turnamen ini melakukan hal-hal yang lebih baik bagi lingkungan. Apakah saya lebih suka hal itu tidak terjadi dalam pertandingan saya? 100%, ya," kata Gauff.

 

Baca juga : Gauff Harap Kesuksesan di AS Terbuka Berbuah Manis di Australia Terbuka

Bertemu Aryna Sabalenka di Final

Gauff mengincar gelar Grand Slam pertamanya. Petenis putri termuda yang mencapai AS Terbuka setelah Serena Williams pada 1999 sudah tampil dominan sejak babak pertama atas Muchova.

Gauff mematahkan servis Muchova dua kali untuk unggul 5-1. Namun, Muchova berhasil bangkit dan memangkas keunggulan Gauff menjadi 5-4.Namun, setelah itu, Muchova terhenti dan Gauff mengakhiri set pertama dengan kemenangan 6-4.

Di laga final yang akan berlangsung Sabtu (9/9), Gauff akan menghadapi unggulan kedua Aryna Sabalenka seusai mengalahkan sesama petenis AS Madison Keys 0-6, 7-6 (7/1), 7-6 (10/5).

Sabalenka, yang menjuarai Australia Terbuka pada Januari dan dijamin naik peringkat ke peringkat 1 untuk pertama kalinya pekan depan. Ia juga mengincar Grand Slam keduanya jika menang dari andalan tuan rumah.

"Dia (Gauff) pemain yang luar biasa. Penonton akan banyak mendukungnya. Saya akan melakukan semua yang saya bisa. Saya akan berjuang untuk setiap poin dan saya akan melakukan yang terbaik," kata Sabalenka. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat