visitaaponce.com

Gauff Mengalahkan Swiatek dan Siap Bertemu Muchova di Final Cincinnati

Gauff Mengalahkan Swiatek dan Siap Bertemu Muchova di Final Cincinnati
Gauff berhasil mengalahkan Iga Swiatek dan menjadi remaja pertama yang mencapai final Cincinnati sejak Vera Zvonareva pada 2004.(AFP)

PETENIS Coco Gauff dan Karolina Muchova berhasil meraih kemenangan mengejutkan pada Sabtu untuk melaju ke final turnamen WTA Cincinnati Masters pertama bagi keduanya.

Gauff mengalahkan peringkat satu dunia Iga Swiatek dengan skor 7-6 (7/2), 3-6, 6-4. Sedangkan Muchova mengagetkan juara Australian Open saat itu, Aryna Sabalenka, dengan skor 6-7 (4/7), 6-3, 6-2.

Gauff, 19, berhasil mengakhiri tren negatifnya dalam tujuh pertemuan sebelumnya melawan Swiatek, mengamankan kemenangan pertamanya setelah kalah tujuh kali dari pemain Polandia tersebut dalam waktu hampir tiga jam dengan empat match point.

Baca juga : Kalahkan Muchova, Gauff Raih Gelar Terbesar di Cincinnati Masters

"Saya tahu bahwa bermain melawan dia akan sulit," ujar Gauff. "Saya benar-benar memanfaatkan peluang ketika saya mendapatkannya dan saya benar-benar berjuang di setiap poin."

Swiatek, juara US Open dan French Open saat itu, sebelumnya tidak pernah kalah set dalam pertandingan melawan Gauff.

"Ada hal-hal yang ingin saya perbaiki, seperti biasa ketika Anda kalah," kata Swiatek. "Secara keseluruhan, hari ini saya berjuang hingga akhir. Itu sesuatu yang seharusnya membuat saya bangga."

Baca juga : Gauff Butuh 3 Jam Taklukkan Muchova, Sukses Maju ke Final AS Terbuka

"Pastinya saya ingin hasilnya berbeda. Coco adalah pemain hebat, jadi saya kira dia lebih pantas (menang)."

Kekalahan ini setidaknya memberikan Swiatek istirahat ekstra sebelum mempertahankan gelar di US Open. "Saya bisa mengatakan bahwa bensin saya hampir habis," ujar Swiatek. "Jujur saja, saya bahkan tidak akan menyesal karena saya senang akan memiliki beberapa hari istirahat sekarang."

Gauff adalah remaja pertama yang mencapai final Cincinnati sejak Vera Zvonareva pada 2004. "Saya mencoba untuk melayani sekeras mungkin pada saat match point," ujar Gauff. "Dia adalah peringkat satu di dunia – Anda harus fokus pada sisi lapangan Anda sendiri."

Baca juga : Ostapenko Pulangkan Juara Bertahan Iga Swiatek

Dia mengatakan bahwa permainannya terasa lebih kuat daripada sebelumnya. "Saya bermain sedikit lebih baik hari ini," ujarnya. "Sangat menyenangkan bermain di depan penonton Amerika, meskipun ada beberapa bendera Polandia di tribun."

Kemenangan Gauff ini merupakan kemenangan ke-11 dalam karirnya melawan lawan peringkat 10 besar. Dia berhasil mengalahkan juara Wimbledon peringkat ke-10, Marketa Vondrousova, pekan lalu di Montreal. Swiatek telah mengalahkan Gauff dua kali musim ini, di Dubai dan di Roland Garros.

"Saya hanya berkata, 'Saya Coco Gauff dan saya bisa melakukannya,'" ujar remaja ini. "Bermain melawannya, Anda harus memberikan segalanya dan saya merasakannya sejak saat saya melangkah ke lapangan, bahwa saya tidak akan kalah dalam pertandingan ini hari ini, bahkan ketika momen-momen sulit tiba. Dan saya benar."

Baca juga : Sabalenka Bertekad Balaskan Dendam terhadap Gauff di Semifinal Australia Terbuka

Pertarungan Sengit

Gauff meraih kepuasan awal dengan memenangkan set pertamanya melawan Swiatek dengan pertandingan yang berlangsung selama 67 menit. Set pertama mencakup empat break berturut-turut di pertengahan set, dengan Gauff berhasil membawanya ke tie-break.

Gauff mengamankan keunggulan 4-0 dan berhasil mengubahnya menjadi kemenangan set pada set pertama dengan memanfaatkan satu dari empat set point-nya saat Swiatek mengirimkan return melewati garis. Namun, peringkat satu dunia ini segera membalas, meraih break untuk skor 2-1 dan sekali lagi dalam game terakhir untuk menyamakan pertandingan menjadi satu set per sisi.

Di set ketiga, Gauff unggul dengan break untuk skor 4-3 dan akhirnya meraih kemenangan saat Swiatek memukul voli lebar pada match point keempat lawannya. Muchova berhasil mengulangi kemenangan mengejutkannya atas peringkat dua dunia, Sabalenka, di babak semifinal French Open bulan Juni.

Baca juga : Sabalenka Melangkah ke Perempat Final Australia Terbuka

Pasangan ini membagi dua set pembukaan selama hampir dua jam, dengan Muchova mendominasi di set ketiga dengan meraih dua break dari lawannya yang frustrasi. Kemenangan ini akan membawa Muchova mencapai 10 besar dunia untuk pertama kalinya sebagai hasil dari penampilannya minggu ini.

"Sungguh luar biasa, ini pertempuran yang sangat berat," kata pemain asal Republik Ceko ini. "Ini adalah pertarungan murni dari kami berdua. Saya terus mencoba mendekati net dan mengubah ritme, karena pukulan-pukulan dia begitu kuat.

"Saya tidak tahu bagaimana saya bisa menang, tapi saya senang saya melakukannya. Saya senang berada di final, saya harap beberapa penggemar akan mendukung saya meskipun saya bermain melawan Coco." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat