visitaaponce.com

Ostapenko Pulangkan Juara Bertahan Iga Swiatek

Ostapenko Pulangkan Juara Bertahan Iga Swiatek
Jelena Ostapenko berasal dari Latvia.(AFP)

JUARA bertahan AS Terbuka Iga Swiatek tersingkir di babak 16 besar. Swiatek dipulangkan oleh petenis unggulan ke-20 Jelena Ostapenko pada babak 16 besar yang berlangsung Senin (4/9).

Ostapenko bangkit setelah kalah pada set pembuka untuk mencatat kemenangan 3-6, 6-3, 6-1 dalam waktu 1 jam 48 menit. Di perempat final dia akan menghadapi unggulan keenam petenis tuan rumah, Coco Gauff.

Kekalahan memukul Swiatek. Petenis Polandia itu dipastikan akan lengser dari posisi nomor satu dunia yang didudukinya selama 75 minggu. Aryna Sabalenka bakal mengambil alih posisi teratas.

Baca juga : Muchova Melaju ke Perempat Final AS Terbuka

Kemenangan Ostapenko juga memperpanjang rekor tak terkalahkannya melawan Swiatek setelah menang pada tiga pertemuan sebelumnya dengannya.

"Saya selalu memerkirakan pertarungan yang sulit melawan Iga karena dia pemain hebat dan memenangu banyak grand slam dan sangat konsisten," kata Ostapenko.

Baca juga : Djokovic Melaju ke Perempat Final AS Terbuka

"Saya tahu saya harus agresif dan memainkan permainan saya karena itu yang dia tidak suka. Saya hanya berpikir bahwa saya harus bermain hingga poin terakhir, sampai kita berjabat tangan. Saya merasa bermain lebih baik dan tidak memberinya banyak peluang," imbuhnya.

Swiatek hingga babak 16 besar tidak pernah kehilangan satu set pun dalam tiga pertandingan pertamanya. Dia dalam performa terbaik untuk mempertahankan gelar yang dimenanginya tahun lalu namun semua itu dipupuskan oleh Ostapenko.

Swiatek bermain dengan percaya diri untuk merebut set pertama. Namun, Ostapenko merebut break awal pada set kedua dan kemudian mempertahankan keunggulan 3-0 dan Swiatek selalu kesulitan setelah itu.

Seiatek sempat menyamakan kedudukan menjadi 4-4 namun malah dipatahkan lagi oleh Ostapenko yang unggul 5-3. Ostapenko kemudian selamat dari break point untuk menutup set tersebut menjadi 6-3.

Pada set ketiga, Swiatek tidak punya jawaban atas permainan solid Ostapenko yang memimpin 3-0. Petenis Latvia itu bahkan sempat unggul 5-0.

"Saya bermain nothing to lose. Saya tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Saya siap untuk bertempur," ujar Ostapenko.

Swiatek mengakui permainannya tak konsisten. Kekalahan itu juga menjadi keempat kali ketika bertemu Ostapenko.

"Saya terkejut bahwa level saya berubah begitu drastis karena biasanya ketika saya bermain buruk, saya bermain buruk di awal, lalu saya mengejar ketertinggalan atau hanya menyelesaikan masalah. Kali ini justru sebaliknya," ucap Swiatek. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat