visitaaponce.com

Indonesia Pecahkan 15 Rekor di ASEAN Para Games

Indonesia Pecahkan 15 Rekor di ASEAN Para Games
Skuad powerlifting Indonesia di APG Kamboja(Dok. NPC Indonesia)

KONTINGEN Indonesia memecahkan rekor di 15 nomor cabang olahraga ASEAN Para Games 2023, Kamboja. Tim Merah Putih menjadi juara umum dengan mengemas 159 medali emas, 148 perak dan 94 perunggu.

Rekor itu diciptakan di empat nomor angkat beban atau powerlifting dan 11 nomor renang. 

"Atlet kita punya daya juang yang tinggi, sehingga target medali bisa kita lampaui. Target yang kita canangkan yaitu 121 emas. Target itu berdasarkan perhitungan dan catatan atlet, juga hasil try out atau invitasi yang diikuti atlet juga perbandingan dengan kompetitor," kata Chef de Mission (CdM) Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Andi Herman, Jum'at (9/6).

Baca juga: 31 Medali Emas Tim Para Tenis Meja dipersembahkan Untuk Mendingan David Jacobs

Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia yang datang langsung ke Kamboja mengapresiasi perjuangan atlet. Mewakili Presiden Joko Widodo, Angkie mengucap terima kasih atas perjuangan para atlet.

"Hari ini Indonesia telah memiliki talenta-talenta luar biasa banget di ASEAN Para Games. Kita telah mencapai hattrick menjadi juara umum," katanya.

Baca juga: Enam Emas dari Para Bulu Tangkis Tutup Perolehan Medali Indonesia di Asean Para Games 2023

Angkie memastikan Presiden Jokowi akan memberikan apresiasi kepada para atlet yang telah meraih medali di Asean Para Games 2023 Kamboja. Apresiasi dan kesetaraan ini dipastikan sama dengan yang lebih dulu diterima atlet SEA Games 2023.

Menurut Angkie, hal itu sebagai bentuk apresiasi dan perhatian pemerintah atas kerja keras atlet para games yang telah bertanding dan mengharumkan nama bangsa Indonesia. 

"Harapan kami adalah para atlet akan bersiap bertanding lagi di even yang lebih tinggi Asian Para Games Hangzhou September mendatang dan Paralimpiade 2024 Paris," jelasnya.

Bonus untuk atlet peraih medali emas pada pertandingan perorangan senilai Rp525 juta, ganda atau pasangan Rp420 juta, dan nomor beregu Rp367,5 juta.

Untuk medali perak pada nomor perorangan sebesar Rp315 juta, nomor ganda atau pasangan Rp252 juta, dan beregu Rp220,5 juta. Sementara bonus medali perunggu pada nomor perorangan Rp157,5 juta, ganda atau pasangan Rp126 juta, dan beregu Rp105,5 juta. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat