visitaaponce.com

Dieng Detrac Trail Run Diharapkan Masuk Agenda UTMB World Series

Dieng Detrac Trail Run Diharapkan Masuk Agenda UTMB World Series
Dieng Detrac Trail Run Series (DDTRS) 2023 yang digelar di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.(dok: Detrac)

Olahraga trail run belakangan ini semakin populer di kalangan pencinta olahraga dan kegiatan alam bebas. Jenis olahraga yang merupakan perpaduan dari lari dan naik gunung ini dapat dilakukan di hutan, bukit, pegunungan, ataupun pantai.

Penyelenggaraan event trail run bahkan sekarang menjadikan kegiatan ini sebagai  event sport tourism yang terus dikembangkan, dengan harapan dapat meningkatkan sektor pariwisata di mana kegiatan tersebut digelar.

Pertengahan Juni lalu, digelar Dieng Detrac Trail Run Series (DDTRS) 2023 yang  digelar di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah dengan mengusung tagline "It's Beyond Trail Run!".  Event ini mengemban misi untuk mengembangkan dunia trail run di Indonesia, serta mennghasilkan atlet berprestasi untuk mewakili Indonesia pada ajang lomba trail run paling bergengsi di dunia, yaitu Ultra Trail du Mount-Blanc (UTMB) World Series.

Diharapkan ke depannya, kegiatan ini akan menjadi event tahunan UTMB World Series pertama dan satu-satunya yang digelar di Indonesia. “Kami sudah melakukan komunikasi dengan pihak penyelenggara UTMB di Perancis. Respon mereka sangat baik dan antusias untuk menggelar UTMB World Series di Dieng, Jawa Tengah”, ujar Fandhi Achmad sebagai Project Director DDTRS 2023, melalui keterangan resminya, Kamis (22/6).

DDTRS 2023 diselenggarakan oleh Detrac, sebuah komunitas dan akademi lari trail, yang bekerja sama dengan PAT Adventure. Penyelenggaraan trail run mengambil start dan finish di Taman Syailendra,pada 10-11 Juni 2023. DDTRS 2023 diikuti oleh 519 peserta dari dalam dan luar negeri, terdiri dari kategori lomba Fun Trail 7KM, Trail 15KM dan 35KM, serta Ultra Trail 55KM dan 75KM.

Selain untuk mengembangkan olahraga trail run, event ini juga bertujuan untuk mendukung pariwisata di Wonosobo, Jawa Tengah. Dalam perhelatan ini, selain menggelar lomba trail run, DDTRS 2023 juga diadakan festival budaya Dieng, fun run 3km, berbagai lomba yang melibatkan warga serta bazar UMKM yang pesertanya berasal dari UMKM lokal.

Event DDTRS 2023 mendapat dukungan dari beberapa BUMN yang memiliki kepedulian untuk memajukan prestasi anak bangsa, peduli dengan lingkungan, pariwisata/ekonomi kreatif, serta pengembangan pendidikan dan seni budaya. (RO/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat