visitaaponce.com

Tekuk Pantai Gading, Libanon Bukukan Kemenangan Pertama di Kejuaraan Dunia Bola Basket

Tekuk Pantai Gading, Libanon Bukukan Kemenangan Pertama di Kejuaraan Dunia Bola Basket
Laga Kejuaraan Dunia Bola Basket antara Libanon dan Pantai Gading.(AFP/BAY ISMOYO)

LIBANON mengalahkan Pantai Gading dengan skor 94-84 di babak kualifikasi Grup P sekaligus meraih kemenangan pertama mereka di ajang Kejuaraan Dunia Bola Basket dalam laga yang digelar di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (31/8).

"Terima kasih Tuhan, kami mendapatkan kemenangan pertama kami di Kejuaraan Dunia. Ini sangat berarti bagi semua orang dalam skuat, karena ini adalah kemenangan pertama kami di Kejuaraan Dunia," kata pemain Libanon Amir Saoud dalam konferensi pers usai laga.

Sebelumnya, Libanon selalu kalah dalam tujuh pertandingan terakhir di Kejuaraan Dunia FIBA. Bahkan kekalahan itu selalu didapatkan dengan selisih poin sampai 30 angka.

Baca juga: Markkanen Antarkan Kemenangan Pertama Finlandia di Piala Dunia FIBA 2023

Kekalahan melawan Prancis, Selasa (29/8), dengan skor 79-85 adalah selisih poin terkecil mereka, yakni hanya tertinggal enam angka. Dan, pada laga hari ini, mereka akhirnya mendapatkan kemenangan.

Libanon bermain lebih dominan daripada Pantai Gading. Meski di menit awal pertandingan lawannya sempat unggul lebih dulu, Libanon bisa mengatasinya dan memimpin hingga 55-41 di paruh pertama.

Menjelang akhir kuarter ketiga, Pantai Gading memberikan perlawanan dan berhasil meraih keunggulan meski hanya sebatas tiga angka, yaitu 66-63. Namun, Libanon kembali menghentikan laju poin Pantai Gading dan menutup kuarter tiga dengan skor 73-66.

Baca juga: Meski Kalah dari Brasil, Pelatih Pantai Gading Bangga dengan Tim Asuhannya

Di kuarter empat, Pantai Gading kembali mengejar sampai skor hanya terpaut dua poin, yaitu 84-86 di sisa waktu 1 menit 9 detik. Namun Libanon kembali menghentikan Pantai Gading memperlebar selisih poin menjadi 94-84 hingga buzzer berbunyi.

Amir Saoud mencetak 29 poin pada pertandingan kali ini, yaitu skor yang sama dengan yang dicetak rekannya Wael Arakji pada laga melawan Prancis. 

Omari Rasulala Spellman menambahkan 25 poin, Sergio El Darwich 12 poin, Karim Zeinon 11 poin, dan Ali Haidar 10 poin.

Sementara dari Pantai Gading, Jean Philips Dally mencetak 21 poin, Patrick Tape 15 poin, Solo Diabate 11 poin, dan Cedric Bah 10 poin.

Libanon selanjutnya akan menghadapi Iran pada lanjutan babak klasifikasi hari Sabtu (2/9). Sedangkan Pantai Gading akan menghadapi tim elite Prancis di hari yang sama. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat