visitaaponce.com

AirNav Indonesia Pastikan Kesiapan Pelayanan untuk Sukseskan Moto GP Mandalika

AirNav Indonesia Pastikan Kesiapan Pelayanan untuk Sukseskan Moto GP Mandalika
Petugas operator memberikan pelayanan navigasi lepas landas dan pendaratan di pemandu lalu lintas udara (Air Traffic Controller/ATC).(MI/Ilham Ramadhan Avisena)

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia menyatakan sangat siap mendukung penyelenggaraan Moto GP Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satu kesiapan yang dilakukan adalah memberikan pelayanan selama 24 jam guna menyesuaikan operasional Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

"Kali ini kami lebih siap. Kita menyiapkan dua set crew untuk di Air Traffic Controler (ATC) atau tower. Semula satu set crew, sekarang ada dua. Ini yang kita siapkan untuk lonjakan traffic, setiap dua jam akan bergantian," ujar General Manager AirNav Indonesia cabang Lombok Kiki Adrian saat ditemui di kantornya, Lombok, Jumat (13/10).

Baca juga: 215 Shuttle Bus Gratis Disiapkan untuk Para Penonton Moto GP

Pelayanan navigasi 24 jam itu dijalankan pada pada 11-16 Oktober 2023. Pasalnya, pada periode tersebut, diperkirakan terjadi peningkatan lalu lintas hingga 50% dari situasi normal. Per 13 Oktober 2023, misalnya, ada permintaan tambahan terbang di Bandara Lombok hingga 77 penerbangan. Umumnya, hanya ada 70 aktivitas penerbangan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid. 

"Jadi kami juga belajar dari pengalaman tahun lalu. Kali ini kami lebih siap dan telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak lain," terang Kiki.

Baca juga: Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 2023 di Lombok

Aktivitas penerbangan tambahan itu, lanjutnya, dilakukan untuk penerbangan kargo, penumpang, hingga jet pribadi. Dari catatan AirNav Indonesia Lombok, permintaan untuk melakukan aktivitas penerbangan jet pribadi di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid mencapai 35 penerbangan selama dalam periode 11-16 Oktober 2023.

"Itu terdiri dari cargo untuk dukung Moto-GP, private jet, extra flight dari maskapai ke lombok yang menambah jadwal ada dari Bali, Surabaya, Jakarta, Kuala Lumpur dan Labuan Bajo. Untuk private jet ini ada dari beberapa perusahaan yang khusus untuk datang ke Mandalika, sekitar 30-35 private jet," jelas Kiki.

Dia menambahkan, total jumlah penerbangan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid pada gelaran Moto GP 2023 kali ini diperkirakan akan naik hingga 30% dibanding tahun lalu. Jumlah tersebut, kata Kiki, terlihat tidak signifikan lantaran peningkatan di 2022 terjadi setelah masa pandemi covid-19.

"Kalau 2022 itu kan setahun sebelumnya masih pandemi, makanya terlihat lonjakan luar biasa sekali di tahun lalu. Sedangkan sekarang ini sudah mulai normal, jadi angkanya terlihat tidak cukup besar, namun kenyataannya itu cukup padat," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat