visitaaponce.com

Indonesia Tambah Perolehan Medali Emas dari Para-Balap

Indonesia Tambah Perolehan Medali Emas dari Para-Balap
Medali emas untuk atlet parabalap sepeda Indonesia Sri Sugiyanti dan Ni/mal Magfiroh(Dok. NPC Indonesia)

PARABALAP sepeda Indonesia menyumbang satu medali emas, satu perak dan satu perunggu di Asian Para Games Hangzhou 2022 dalam perlombaan di Chun?an Jieshou Sports Centre, Jumat (27/10).

Satu medali emas diraih oleh Sri Sugiyanti yang dipiloti Ni’mal Magfiroh di nomor Women’s B Road Race dengan jarak tempuh 70km. Sri mampu finis paling cepat dengan catatan waktu 1 jam 59 menit 23 detik..

Menyusul di posisi kedua, oembalap tuan rumah Linhua Wang/Liuzixin dengan catatan waktu 1:59:23 dan medali perunggu diraih oleh Nur Azlia Syafinaz Mohd Zais/Suhada Zainal Nurul yang mencapai garis akhir pada waktu 2:00:23.

Baca juga : Para-Bulu Tangkis Kunci Target 19 Medali Emas Indonesia

Ini merupakan medali emas kedua yang dipersembahkan Sri/Ni’mal untuk Indonesia dari para-balap sepeda di ajang Asian Para Games (AiPG) Hangzhou 2022.

“Terima kasih banyak kepada seluruh pelatih dan pilot saya yang membimbing saya di sepanjang perjalanan 70km itu tetep mendorong, tetap rileks, ini sangat luar biasa,” kata Sri dalam keterangannya (27/10).

Baca juga : Debut Emas Rina/Subhan di Asian Para Games Hangzhou 2022

Di kelas road race nomor pertandingan Men’s B Road Race, Nurfendi yang dipiloti Diwan Fiar Pradana juga menambah perolehan medali perak Indonesia setelah mengungguli pembalap Kazakhstan Kenzhegul Seitzhan/Lavrentyevanton di posisi ketiga. Nurfendi/Diwan mampu finis dengan catatan waktu 1:42:52. Medali emasnya jatuh ke tangan Korea Selatan yang diawaki Kim Jungbeen/Yoon Jungheon.

Di nomor Road Race N C4-5 Sofyan Saori juga membawa pulang medali perunggu setelah finis dengan catatan waktu 1:46:28. Torehan ini berbeda sangat tipis dengan podium pertama dan kedua yang dipegang oleh pebalap tuan rumah Wei Guoping dan Wang Xian.

Pelatih para-balap sepeda Indonesia Rizan Setyo mengungkapkan raihan baru ini menjadi catatan impresif di tingkat Asia, sekaligus mencetak sejarah baru.

“Prestasi ini tentu melebihi Asian Para Games Jakarta 2018 dimana kita dapat satu emas, delapan perak dan delapan perunggu, sekarang tiga emas, empat perak dan empat perunggu. Hasil ini merupakan prestasi luar biasa dan sangat bersejarah karena untuk mendapatkan emas Asian Para Games ini sangat kompetitif,” kata Rizan.

Kini tim para-balap sepeda akan mempersiapkan program pemusatan latihan bagi M. Fadli yang akan menjadi representasi Indonesia dalam Paralimpiade Paris 2024. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat