visitaaponce.com

Kontingen Indonesia Lampaui Target Medali Asian Para Games

Kontingen Indonesia Lampaui Target Medali Asian Para Games
Perolehan Medali atlit Para Asian Games Hanghzou 2022(Instagram)

GELARAN Asian Para Games Hangzhou 2022 rampung digelar. Kontingen Indonesia berhasil melebihi target dengan koleksi 29 medali emas, 30 perak, dan 36 perunggu. Hasil itu menjadi capaian terbaik Merah Putih ketika berlaga di luar kandang.

Torehan 95 medali tersebut membuat kontingen Merah Putih duduk di peringkat enam memenuhi target 10 besar dan juga melewati incaran target 19 emas.

Pada terakhir perlombaan Sabtu (28/10), Indonesia menambah 16 medali yaitu 3 emas, 9 perak, dan 4 perunggu yang disumbangkan cabang para atletik, para angkat berat, dan para catur.

Baca juga : Pararenang Tambah Sumbangan 2 Medali Emas di Asian Para Games Hangzhou

Para atletik melalui nomor nomor Men's Long Jump-T63, Men's 400m-T47, dan 4x100m Universal Relay, mengamankan tiga medali perak. Perak juga disumbangkan atlet para-angkat berat Sriyanti di nomor 86 kg putri.

Baca juga : Lampaui Target, CdM Apresiasi Capaian Atlet Asian Para Games

Cabang para catur menambah 12 medali dengan 3 emas, 7 perak, dan 4 perunggu. Tim para catur Indonesia juga sukses menjadi juara umum total memboyong 10 emas, 7 perak, dan 8 perunggu.

Deputi CdM Indonesia Andi Herman mengatakan capaian juara umum para catur menjadi bukti Indonesia memiliki standar catur yang disegani di benua Asia.

"Kita tahu catur selama ini dikuasai oleh beberapa negara khususnya dari negara pecahan Soviet ternyata kita bisa menandingi bahkan lebih baik dari mereka," kata Andi.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan penghargaan dari pemerintah yang akan menghadiahi atlet peraih medali berupa rumah tinggal.

"Saya sudah kontak dengan Sekjen Kementerian PUPR, ada berita yang cukup bagus, Menteri PUPR Pak Basuki Hadimuljono atas persetujuan dari Pak Presiden Joko Widodo akan memberikan bonus rumah untuk mereka yang mendapatkan medali," ucap Muhadjir.

Apresiasi berupa rumah tersebut sama dengan yang direncanakan untuk atlet Asian Games. Menko PMK menyebut pemberian rumah untuk atlet Para Games tidak berdasarkan jumlah medali yang didapat namun perorangan. Lokasinya akan disesuaikan dengan domisili atlet. Adapun untuk bonus masih akan dihitung Kemenpora.

"Semua atlet yang meraih medali akan dapat bonus berupa rumah tinggal yang disesuaikan tempat domisili yang bersangkutan. Itu yang sudah ada kepastian," kata Muhadjir.

"Untuk bonus lainnya masih sedang diproses. Saya juga belum mendapatkan informasi nilai nominalnya berapa, tapi Insyaallah akan diusahakan ada bonus. Nanti setelah sepulang dari Hangzhou ini saya akan segera urus bersama-sama Pak Menpora untuk bonus atlet-atlet terutama peraih medali," tukas Muhadjir. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat