visitaaponce.com

Pendapatan Olahraga Perempuan Diperkirakan Tembus US1 Miliar pada 2024

Pendapatan Olahraga Perempuan Diperkirakan Tembus US$1 Miliar pada 2024
Lydia Melaschenko #22 dari Merrimack Warriors melewati Matyson Wilke #23 dari Utah Utes pada paruh pertama pertandingan mereka.(AFP/Chris Gardner.)

PENDAPATAN global dari olahraga perempuan akan mencapai US$1 miliar untuk pertama kali pada 2024 berkat ledakan popularitas. Demikian menurut pakar keuangan Deloitte.

Setelah Piala Dunia 2023 yang sangat sukses di Australia dan Selandia Baru, pendapatan sepak bola diperkirakan mencapai US$555 juta dari total perkiraan sebesar US$1,28 miliar pada 2024.

Namun lebih dari 50% total pendapatan olahraga wanita masih dihasilkan di Amerika Utara meskipun ada pertumbuhan sepak bola wanita di Eropa.

Baca juga: Sabalenka Pastikan Tampil di Brisbane International

Deloitte memperkirakan valuasi tim dan liga akan terus meningkat. Beberapa nilai tim diperkirakan melebihi US$100 juta tahun depan.

"Selama beberapa tahun terakhir kita telah melihat pertumbuhan luar biasa dalam olahraga wanita di seluruh dunia. Ini mendorong peningkatan signifikan dalam nilai komersialnya yang pada gilirannya menyebabkan meningkatnya minat investor," kata Jennifer Haskel, pemimpin wawasan untuk Grup Bisnis Olahraga Deloitte.

Baca juga: Kompetisi Futsal Putri, OMG Bangkitkan Gairah Olahraga Perempuan di NTB

"Yang terpenting, olahraga perempuan semakin dipandang sebagai produk unik yang semakin berbeda dari olahraga elite laki-laki. Lonjakan keterlibatan penggemar dan investor ini mengarah pada peluang baru dan lebih baik bagi klub dan liga, termasuk kemitraan komersial yang lebih besar, peningkatan partisipasi, dan hari pertandingan yang lebih besar."

Meningkatnya popularitas olahraga wanita diperkirakan menghasilkan lebih banyak slot siaran prime-time dan visibilitas di platform streaming. 

Pendapatan komersial masih menyumbang lebih dari 50% total pendapatan. Namun persentase tersebut menurun karena kesepakatan siaran yang lebih besar dan kehadiran penonton pada hari pertandingan. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat