visitaaponce.com

Tiongkok dan Miami akan Gelar Balapan Sprint Formula 1 Musim 2024

Tiongkok dan Miami akan Gelar Balapan Sprint Formula 1 Musim 2024
Para pembalap Formula 1 berlaga di balapan Sprint di GP Sao Paulo.(AFP/NELSON ALMEIDA)

FORMULA 1 resmi mengumumkan kalender untuk format balapan Sprint pada musim 2024.

"Saya dengan senang hati mengumumkan enam lokasi menarik untuk balapan F1 Sprint musim depan, termasuk dua tuan rumah baru, yaitu Tiongkok dan Miami," kata Presiden dan CEO Formula 1 Stefano Domenicali, dalam
keterangan resmi, Selasa (5/12).

"Keduanya akan menjadi tambahan yang fantastis dan memberikan pengalaman dan hiburan yang luar biasa bagi semua penggemar kami saat balapan dan menonton di rumah," tambahnya.

Baca juga: Williams Pertahankan Sargeant untuk Musim 2024

Adapun balapan Sprint pertama di musim 2024 adalah di Shanghai, Tiongkok, yang akan bergulir pada 19-21 April. Selanjutnya, Sirkuit Miami di Amerika Serikat (AS) dan Sirkuit Spielberg di Austria akan menjadi tuan rumah berikutnya, yang masing-masing digelar pada 3-5Mei dan 28-30 Juni.

Berikutnya, Sprint akan kembali ke AS di Austin (18-20 Oktober), lalu Sao Paulo di Brasil (1-3 November), dan ditutup di Sirkuit Lusail, Qatar (29 November-1 Desember).

Pertimbangan Formula 1 untuk kembali menghadirkan Sprint di beberapa rangkaian Grand Prix musim mendatang menyusul tingginya animo penggemar yang menyaksikannya sejak format balapan itu diperkenalkan pada 2021.

Baca juga: Hamilton Mengaku Kecewa dengan Performa di Musim 2023

Domenicalli mengatakan, Sprint telah memberikan dampak positif dalam pertumbuhan jumlah penonton. Menurut laporan Nielsen, jumlah pemirsa GP Azerbaijan 2023 naik 83% dibandingkan musim sebelumnya, pun dengan GP AS dan GP Belgia, yang masing-masing naik 139% dan 34%.

"Sejak diperkenalkan pada 2021, Sprint telah konsisten menghadirkan peningkatan pemirsa di televisi, lebih banyak hiburan yang sesuai untuk para penggemar di acara-acara, dan meningkatkan keterlibatan penggemar di platform sosial dan digital," jelas Domenicalli.

Sependapat, Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem menambahkan pihaknya senang bisa kembali menghadirkan format balapan tersebut di musim mendatang.

"Penambahan Shanghai akan menjadi tantangan bagi tim dan pembalap saat Formula 1 kembali ke Tiongkok untuk pertama kalinya sejak 2019, sementara Sprint di Miami akan menambah dimensi baru pada akhir pekan yang memikat," kata Mohammed.

"Kami harus terus berkembang dan beradaptasi untuk memastikan kami melakukan yang terbaik untuk olahraga ini," lanjutnya.

Formula 1 musim 2024 akan dibuka di Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat