visitaaponce.com

Nadal Comeback dari Cedera saat Djokovic Menargetkan Kejayaan di Australia

Nadal Comeback dari Cedera saat Djokovic Menargetkan Kejayaan di Australia
Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal.(AFP)

RAFAEL Nadal kembali dari perjalanan cedera di Brisbane Minggu ini. Sementara Novak Djokovic memulai upayanya untuk meraih gelar Australia Terbuka ke-11 yang belum pernah terjadi sebelumnya di Perth.

Dua petenis kenamaan itu sudah disebut tidak akan kembali kompetitif setelah apa yang mereka alami di tahun 2023. Namun, prospek tersebut kembali muncul dengan Nadal dari Spanyol yang baru saja pulih dari operasi pinggul yang membuatnya absen selama hampir satu tahun.

Ia akan memulai musim perpisahannya di Brisbane International pada 31 Desember-7 Januari bersama Andy Murray dan petenis peringkat delapan dunia, Holger Rune.

Petenis peringkat teratas Djokovic telah memilih untuk bermain di tim campuran United Cup di Perth dan Sydney, yang dimulai pada hari Jumat, begitu juga dengan pemain 10 besar lainnya, Stefanos Tsitsipas, Alexander Zverev, dan Taylor Fritz.

Baca juga: Nadal Berlatih di Kuwait Jelang Comeback

Kecuali jika ada halangan di menit-menit terakhir, Nadal dan Djokovic akan tampil di lapangan Melbourne Park untuk Australia Terbuka mulai 14 Januari, mungkin untuk terakhir kalinya bersama.

Pemenang turnamen Grand Slam 22 kali, Nadal, belum pernah bermain lagi sejak kekalahan di babak kedua dari petenis Amerika Serikat Mackenzie McDonald di Australia Terbuka tahun ini.

Nadal mengatakan bahwa ia tidak mengharapkan apa-apa dari dirinya kali ini. Ia menyebutkan bahwa telah bermain maksimal.

"Saya telah menginternalisasi apa yang telah saya miliki sepanjang hidup saya, yaitu menuntut diri saya sendiri secara maksimal," kata Nadal, (27/12).

Baca juga: Nadal Optimistis Bisa Kembali Kompetitif Saat Kembali Bermain

"Saat ini yang saya harapkan adalah untuk tidak melakukan hal itu, menerima bahwa segala sesuatunya akan sangat sulit di awal dan memberi diri saya waktu yang diperlukan," imbuhnya.

Sementara itu, Djokovic telah memenangkan tiga Grand Slam pada tahun 2023. Tetapi mengakhiri musim dengan dua kekalahan dari petenis Italia yang sedang naik daun, Jannik Sinner, di Piala Davis.

Petenis nomor dua dunia asal Spanyol, Carlos Alcaraz, juga mencatatkan kemenangan sensasional atas Djokovic di final Wimbledon.

Petenis peringkat empat dunia, Sinner, akan memulai musimnya di ajang eksibisi Kooyong Classic di Melbourne, sementara Alcaraz tidak memiliki jadwal pertandingan sebelum Australia Terbuka.

Selanjutnya, juara Grand Slam empat kali Naomi Osaka juga akan kembali tampil di Brisbane, setelah tidak bermain sejak September 2022.

"Saya pasti ingin memenangkan lebih banyak Grand Slam," kata Osaka.

Selain Osaka, petenis putri nomor satu dunia dan pemenang Grand Slam empat kali, Iga Swiatek, akan menyesuaikan diri di Perth dengan rekan-rekan setimnya dari Polandia di United Cup.

Juara Prancis Terbuka ini sempat menyerahkan peringkat teratasnya kepada Aryna Sabalenka pada tahun 2023, tetapi berhasil merebutnya kembali dengan kemenangan yang berani di Final WTA di Cancun.

"Itu tentu saja merupakan musim yang penuh tuntutan yang mengajari saya banyak hal dan membuat saya semakin bangga," kata Swiatek.

(AFP/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat