visitaaponce.com

F1 Powerboat Jadi Mercusuar Sport Tourism di Danau Toba

F1 Powerboat Jadi Mercusuar Sport Tourism di Danau Toba
Ajang F1 Powerboat 2023(Antara/M Risyal Hidayat)

AJANG balap perahu super cepat F1 Powerboat akan kembali dihelat di danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba, 2-3 Maret 2024. Ini merupakan kali kedua F1 Powerboat dilangsungkan di Danau Toba setelah sukses digelar pertama kali tahun lalu. 

Penyelenggaraan event bergengsi ini akan semakin memperkuat pengembangan wisata olahraga atau sport tourism di salah satu destinasi pariwisata super prioritas tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyatakan Indonesia sudah siap menyelenggarakan perhelatan dunia F1 Powerboat untuk kedua kalinya. Bahkan, pemerintah menyiapkan side event Kejuaraan Nasional Aquabike yang akan diikuti 26 pembalap nasional.

Baca juga : Tim Medis Dan Trauma Center F1 Powerboat Danau Toba Siap Hadapi Kondisi Darurat

"Saya harap ini bisa menjadi mercusuar untuk event sport entertainment dan sport tourism kelas dunia untuk Indonesia. Dan nantinya bisa berdampak lebih luas lagi untuk olahraga air," ujar Dito dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/2).

Menpora menyampaikan bahwa tahun ini pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sudah melakukan kesepakatan dengan H2O Racing, promotor F1 Powerboat untuk membuat akademi Aquabike dan Powerboat di Balige, Toba. 

"Nanti kita harapkan sebelum selesai 2027 sudah ada pembalap F1 Powerboat asal Indonesia," ungkapnya.

Baca juga : F1 PowerBoat Lake Toba 2023 Siap Digelar

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menyampaikan, event seperti sport tourism merupakan salah satu strategi untuk bisa terus mengakselerasi pembangunan, promosi, dan peningkatan destinasi wisata khususnya super prioritas.

"Sport tourism event dengan skala besar seperti F1 Powerboat sudah terbukti, seperti banyak gelaran yang sudah dilakukan, itu menjadi pemantik pengembangan infrastruktur di berbagai destinasi, menjadi alat promosi paling ampuh untuk meningkatkan citra sebuah destinasi menjadi lebih positif dan memberikan dampak ekonomi yang langsung dirasakan oleh masyarakat," paparnya.

Menurut data BPS, tahun lalu saat F1 Powerboat, kunjungan wisatawan mancanegara di Sumatra Utara mencapai 197.115 kunjungan, naik lebih dari 220% dari tahun sebelumnya. 

Baca juga : Tim Supervisi Polri Cek Kesiapan Ajang F1 Powerboat Danau Toba

"Artinya pemulihan pascapandemi luar biasa sekali, salah satu pendorongnya event-event," kata Angela.

Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney sebagai penyelenggara menyatakan kesiapan balapan F1 Powerboat yang sudah hampir 100%. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menyebut para pembalap sudah mulai berdatangan dari dua hari lalu. Sementara logistik yang mencapai 100 ton sudah mulai berdatangan dari tiga hari lalu di Pelabuhan Belawan, Sumatra Utara.

"Challenging juga karena dari Pelabuhan Belawan harus lewat jalan darat menggunakan kontainer sampai Balige. Dalam dua hari ke depan boat akan mulai turun ke Danau Toba dan mencoba sirkuit yang sudah kami buat. Kesiapannya sudah sangat ready," kata Maya.

Baca juga : Danau Toba Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat

Tahun lalu, lanjutnya, pergerakan pengunjung F1 Powerboat mencapai 60 ribu dalam 2 hari. Maya mengatakan tahun ini angka tersebut diperkirakan terlampaui. "Karena juga awereness event dari yang sebelumnya sudah lebih meningkat. Tahun lalu dampak ekonomi penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba mencapai Rp1,68 triliun. Untuk tahun ini pastinya kita ingin mencapai lebih dari itu," jelasnya.

Ajang F1 Powerboat 2024 Danau Toba akan diikuti 18 pembalap internasional dari lebih 10 negara. Balapan ini juga akan disiarkan ke seluruh dunia dan diperkirakan akan disaksikan kurang lebih 180 juta pemirsa dalam dan luar negeri.

Direktur Jenderal Komunikasi dan Informatika Kementerian Kominfo Usman Kansong menyebut ajang ini akan menyedot perhatian kalangan muda khususnya penggemar olahraga balap.

"Ini saya kira sesuatu yang menarik bagi mereka yang berusia 25-45 tahun. Mereka adalah para peminat motor sport, traveler, penyuka water race, serta masyarakat lokal, nasional, hingga masyarakat dunia," kata Usman. Dirjen Kominfo juga menyampaikan hingga saat ini media yang terverifikasi akan meliput langsung F1 Powerboat di Danau Toba sebanyak 265 jurnalis dari 54 media nasional, 29 media lokal, dan 1 media internasional. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat