visitaaponce.com

Pecatur Pelatnas Nayaka Budidharma Sukses Pertahankan Gelar di SCUA FIDE Rated

Pecatur Pelatnas Nayaka Budidharma Sukses Pertahankan Gelar di SCUA FIDE Rated
Nayaka Budidharma (ketiga dari kiri) memenangi kategori terbuka 2nd Percasi SCUA FIDE Rated 2024.(DOK PB PERCASI)

PECATUR muda Nayaka Budidharma berhasil memenangi 2nd Percasi SCUA FIDE Rated 2024. Dia merebut gelar juara di kategori terbuka setelah mengalahkan pecatur senior FIDE Master Maksum Firdaus.

Kemenangan Nayaka didapat di babak ke-9 setelah Maksum terlihat melakukan kesalahan. Nayaka yang merupakan atlet pelatnas dari Malang, Jawa Timur, dinyatakan menjadi juara setelah meraih poin 8 dari 9 babak yang dimainkan.

"Saya senang dengan pencapaian ini. Kemenangan ini menjadi yang kedua kali setelah jadi juara di SCUA FIDE Rated pada November 2023. Saya menjadikan kemenangan ini menjadi motivasi untuk mendapat prestasi yang lebih tinggi," ujar Nayaka yang masih berusia 18 tahun seusai final di SCUA, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (3/3).

Baca juga : Timnas Basket 3x3 Evaluasi Kekurangan Jelang SEA Games 2023

Sementara itu, peringkat kedua di kategori terbuka ditempati FM Kemas Ade Krisna diikuti Master Nasional Eko Supriyono sama-sama mengumpulkan 7 point.

Di tempat yang sama, Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya mengatakan bahwa hasil yang diraih Nayaka menjadi bukti pembinaan yang dilakukan pihaknya.

"Kalau kita melihat sekarang ini juga banyak pemain-pemain nasional kita yang lama seperti Syarif Mahmud dan Irwanto (Sadikin). Saya senang turnamen ini bisa dimenangkan oleh pemain muda yang berumur 18 tahun, ini berarti menandakan regenerasi yang berhasil," kata Eka.

"Dalam pertandingan selalu harus ada target buat mereka. Mereka harus menganggap setiap pertandingan adalah final dan penting, ini yang harus kita tekankan ke setiap pemain jangan sekali-kali mereka bermain seadanya," ujar sambung dia. 

Kabid Pembinaan dan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem mengatakan kemenangan Nayaka merupakan hasil yang bagus sekali. Dia adalah lapis kedua timnas catur Indonesia. Terlebih dia mampu mempertahankan gelarnya. (Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat