visitaaponce.com

Verstappen Raih Pole Ketiga Musim ini di GP Australia

Verstappen Raih Pole Ketiga Musim ini di GP Australia
Pembalap FI dari Tim Red Bull Racing Max Verstappen(AFP)

JUARA dunia F1 tiga kali Max Verstappen meraih pole ketiga berturut-turut musim ini pada hari Sabtu (23/3) di Grand Prix Australia saat pembalap Belanda itu menargetkan rekor kemenangan ke-10 berturut-turut.

Dalam kondisi mendung di Albert Park Melbourne, pembalap Ferrari Carlos Sainz, yang kembali ke mobilnya hampir dua minggu setelah operasi usus buntu, berada di urutan kedua dalam kualifikasi yang menegangkan dan akan menjaga perusahaan andalan Red Bull itu tetap berada di barisan depan.

"Agak tidak terduga hari ini, tapi sangat membahagiakan -- kedua lap (Q3) terasa sangat menyenangkan," kata Verstappen, yang ingin mengulangi prestasinya tahun lalu ketika ia menang di Australia dari pole.

Baca juga : Charles Leclerc Ungguli Latihan Terakhir di Melbourne Sebelum Max Verstappen

"Akhir pekan yang agak sulit sejauh ini, Ferrari terlihat sangat cepat dalam jangka panjang sehingga membuat hari esok menjadi menarik."

Pebalap asal Belanda itu menumbangkan rivalnya dengan catatan waktu terbang satu menit 15,915, unggul 0,270 detik dari Sainz.

Sergio Perez dengan Red Bull lainnya akan start ketiga bersama Lando Norris  dengan McLaren-nya.

Baca juga : Lando Norris Tercepat dalam Latihan Pertama Grand Prix Australia

Pemenang Melbourne 2022 Charles Leclerc dengan Ferrari berada di urutan kelima, dan Oscar Piastri dari McLaren berada di urutan keenam. 

George Russell dari Mercedes berada di urutan ketujuh di depan Yuki Tsunoda dari RB dan pasangan Lance Stroll dan Fernando Alonso dari Aston Martin.

Namun ada kekecewaan bagi juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton yang melewatkan Q3 dan akan start di posisi ke-11.

Baca juga : Max Verstappen Mendominasi Hari Pertama Uji Coba Formula 1

“Ini merupakan beberapa minggu yang berat, banyak hari di tempat tidur menunggu untuk melihat apakah saya bisa berada di sini hari ini,” kata Sainz yang lega, yang melewatkan balapan terakhir di Jeddah karena operasinya.

"Untuk menempatkannya di barisan depan setelah memimpin melalui kualifikasi, saya hampir tidak mempercayainya."

Namun terlepas dari upaya terbaiknya, ia tidak mampu menggulingkan Verstappen, yang memenangkan dua balapan pembuka musim ini di Bahrain dan Arab Saudi, keduanya dari posisi terdepan.

Baca juga : Max Verstappen Ramalkan Lewis Hamilton akan Jalani Musim Canggung Bersama Tim Mercedes

Pemain berusia 26 tahun itu mengejar kemenangan ke-10 berturut-turut untuk menyamai rekornya sendiri yang dibuat tahun lalu, sementara Red Bull berusaha mencetak finis 1-2 ketiga berturut-turut untuk pertama kalinya dalam sejarah tim.

Sainz menduduki puncak Q2 dari Verstappen dan Leclerc dengan Hamilton -- delapan kali peraih pole position di Australia -- menjadi korban utama.

Kekalahannya merupakan perolehan Tsunoda sebagai satu-satunya penyelundup di luar lima tim besar yang bergabung di peringkat Q3.

Baca juga : Sainz Tercepat Verstappen Keempat, Jelang Kualifikasi GP Singapura

Kevin Magnussen dari Haas juga absen di Q2, bersama dengan Valtteri Bottas di Sauber, Esteban Ocon di Alpine dan Alex Albon di tunggal Williams.

Sainz juga menjadi yang tercepat di Q1 di depan Perez dan Verstappen.

Zhou Guanyu dari Sauber berada di urutan terakhir dengan Daniel Ricciardo dari RB, Pierre Gasly di Alpine lainnya dan Nico Hulkenberg dari Haas juga gagal maju.

Logan Sargeant absen setelah Williams-nya diberikan kepada rekan setimnya Albon.

Albon mengalami kecelakaan pada hari Sabtu dan tanpa sasis cadangan, Williams hanya memiliki satu mobil dan memilih pembalap Anglo-Thailand daripada pembalap Amerika. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat